Ratusan pelajar Kotim antusias ikut pembinaan atlet panahan pemula

id Ratusan pelajar Kotim antusias ikut pembinaan atlet panahan pemula, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, Dadang siswanto, Perpani kotim, Perpan

Ratusan pelajar Kotim antusias ikut pembinaan atlet panahan pemula

Sejumlah atlet panahan Kotim unjuk kemampuan saat pembukaan pembinaan atlet panahan pemula yang digelar Perpani Kotim di Sampit, Minggu (25/9/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Ratusan pelajar dari sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sampit Kabupaten Kotawaringin, Kalimantan Tengah, antusias mengikuti pembinaan atlet panahan pemula yang digelar Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) setempat. 

"Saya pernah ikut latihan panahan di sekolah, makanya tertarik ikut kegiatan ini. Mudah-mudahan nanti ada perwakilan dari sekolah kami yang terpilih," kata Aulia, siswi MAN Kotawaringin Timur di Sampit, Minggu. 

Pembinaan atlet panahan pemula dilaksanakan di Lapangan Perpani di belakang gedung bola voli di Jalan Tjilik Riwut. Hadir dalam kegiatan itu Ketua DPRD Rinie, Ketua KONI Ahyar Umar, Ketua Komisi III Mariani dan Sekretaris Dispors Mujafir. 

Ketua Perpani Kotawaringin Timur Dadang Siswanto mengaku senang karena kegiatan itu disambut dengan sangat antusias oleh pelajar. Ini diharapkan menjadi pertanda baik dalam regenerasi dan upaya mencari atlet panahan pemula yang berprestasi. 

"Yang terdaftar sudah ada 170-an orang. Selain itu, banyak pula yang menghubungi panitia ingin ikut tapi nama mereka tidak masuk dalam daftar yang diserahkan pihak sekolah. Kami persilahkan saja, tetapi tetap kami minta mereka berkoordinasi dengan sekolah supaya mudah dalam pemantauan," kata Dadang. 

Dadang menjelaskan, dua bulan pertama pembinaan ini rencananya dilakukan dalam bentuk pembinaan fisik. Dua bulan berikutnya, baru masuk pada latihan teknik panahan. 

Dari seluruh peserta yang ada, nantinya akan disaring menjadi 32 orang yang terbaik. Mereka ini yang nantinya difasilitasi dan digembleng secara serius. Meski begitu, peserta lainnya yang tidak masuk daftar, tetap diperkenankan mengikuti latihan. 

Dadang mengatakan, semua masih mempunyai kesempatan untuk terpilih masuk dalam kelompok atlet panahan yang akan memperkuat Kotawaringin Timur pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Sampit pada Juni 2023 nanti. 

Baca juga: Wagub Kalteng ingatkan perlunya terobosan pengendalian inflasi

"Sebanyak 32 orang itu tidak otomatis masuk dalam daftar atlet. Januari nanti akan dilakukan evaluasi. Kalau perkembangannya tidak signifikan maka tidak menutup kemungkinan tereliminasi. Jadi, masih ada kesempatan bagi peserta lain jika ternyata saat evaluasi itu mereka mampu menunjukkan kemampuan mereka," ujar Dadang. 

Pria yang juga Wakil Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur ini menambahkan, saat ini sudah ada 25 atlet panahan. Hasil penjaringan atlet panahan pemula tersebut nantinya akan menambah kekuatan tim panahan Kotawaringin Timur saat berlaga di Porprov Kalimantan Tengah 2023.

Ketua KONI Kotawaringin Timur Ahyar Umar mengapresiasi terobosan yang dilakukan Perpani setempat. Kegiatan ini dinilai sangat bagus dan akan membawa dampak positif terhadap pembinaan dan perkembangan panahan Kotawaringin Timur untuk jangka panjang. 

"Ini yang selalu saya harapkan. Kita mulai pembinaan atlet dari sekolah dan desa. Kalau kita mengambil dari luar, setelah selesai kegiatan itu mereka hilang. Talenta di daerah tidak kalah dengan di kota besar dan itu sudah terbukti," ujar Ahyar. 

Ahyar memuji Perpani yang selama ini sangat aktif dalam kegiatan pembinaan atlet. Dia berharap keseriusan seperti ini menjadi contoh bagi cabang olahraga lainnya. 

"Saya berharap panahan bisa menyumbang banyak medali emas saat Porprov nanti. Mari kita kembalikan kejayaan prestasi panahan Kalteng dan dicontohkan oleh Kotim," harap Ahyar. 

Dukungan juga disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur Mariani. Dia sangat mengapresiasi keseriusan yang dilakukan Perpani setempat dalam mempersiapkan atlet melalui pembinaan agar bisa meraih prestasi. 

"Ada dua atlet yang akan mewakili Kalteng di Kejurnas. Ini bukti kemampuan atlet panahan kita bagus. Makanya kami mendukung potensi dan bakat-bakat ini terus dikembangkan sehingga mampu mempersembahkan prestasi membanggakan bagi daerah kita," demikian Mariani. 

Baca juga: Dibantu gubernur, 2.500 paket sembako akhirnya digratiskan untuk warga Sampit

Baca juga: Pemkab Kotim pastikan dukung penuh audit perusahaan sawit

Baca juga: Diskominfo Kotim dorong setiap desa membuat situs web

Baca juga: Pemkab Kotim optimalkan operasi pasar tekan harga elpiji 3 kg