Bupati Seruyan ingatkan turnamen balap perahu utamakan keselamatan

id Lomba balap ketinting seruyan, balap perahu, bupati seruyan yulhaidir, pemkab seruyan, kuala pembuang, pematang limau, seruyan, sungai

Bupati Seruyan ingatkan turnamen balap perahu utamakan keselamatan

Bupati Seruyan Yulhaidir menaiki ketinting di Desa Pematang Limau, Sabtu, (8/10/2022). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) -
Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Yulhaidir membuka secara resmi turnamen balap ketinting di Desa Pematang Limau, Kecamatan Seruyan Hilir dan meminta peserta menjunjung tinggi sportivitas dan mengutamakan keselamatan.
 
“Saya harap peserta yang mengikuti balap ketinting ini mengutamakan keselamatan, misalnya menambah pelampung yang telah disediakan panitia untuk upaya antisipasi kita,” kata Yulhaidir di Kuala Pembuang, Sabtu.
 
Untuk diketahui, ketinting termasuk dalam perahu jenis jukung, perahu yang menggunakan motor luar dan dapat dibenamkan ke dalam air atau diangkat ke permukaan air. Kemudian untuk ukuran tidak terlalu besar.
 
Lebih lanjut dia menekankan, keselamatan dalam mengikuti lomba ketinting sangat penting. Karena ini adalah perlombaan tentu menang ataupun kalah adalah hal yang biasa, maka diharapkan kegiatan ini dapat menjadi salah satu hiburan bagi masyarakat.

Baca juga: Pemkab Seruyan berupaya pencapaian PAD melampaui target 2022
 
Pria yang akrab disapa Uhai ini berpesan kepada panitia, apabila cuaca berubah ekstrem misalnya hujan lebat ataupun gelombang besar diminta lomba tidak dilanjutkan. Ini dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi pada pelaksanaanya.
 
“Saya harap apabila cuacanya itu berubah dan tidak memungkinkan dilaksanakan, lomba balap ketinting ditunda saja dulu sampai situasi telah aman,” pintanya.
 
Selain itu, panitia juga harus sportif dan tegas terkait peraturan-peraturan yang telah disepakati antara peserta dan panitia lomba, sehingga tidak ada yang merasa dirugikan. Jika memang tidak sesuai maka panitia harus tegas dan bersifat netral.
 
“Memang panitia itu harus netral kalau memang salah tetap nyatakan salah dan sebaliknya, karena pernah kejadian juga akibat panitia tidak sportif malah menimbulkan perselisihan. Makanya aturannya itu harus jelas,” tegasnya.

Baca juga: Legislator Seruyan tegaskan tak ada intervensi terkait pembangunan SUTT

Baca juga: Bupati Seruyan ajak masyarakat kembangkan budi daya tanaman pangan

Baca juga: DPRD Seruyan dukung rencana pemprov menaikkan tipe RSUD Hanau