Sejumlah pendaftar dinyatakan gugur, seleksi panwaslucam Kapuas berlanjut

id Bawaslu kapuas, seleksi panwascam kapuas, smkn 1 kapuas, Ketua Bawaslu Kapuas Iswahyudi Wibowo, pemilu 2024, kapuas, kuala kapuas

Sejumlah pendaftar dinyatakan gugur, seleksi panwaslucam Kapuas berlanjut

Sejumlah peserta calon anggota panwaslu kecamatan se-Kabupaten Kapuas, mengikuti tes tertulis secara daring di SMKN 1 Kuala Kapuas, Sabtu, (15/10/2022). (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Sebanyak 253 orang dari 260 pendaftar peserta calon anggota panitia pengawas pemilu kecamatan (panwaslu  kecamatan) se-Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, mengikuti tes tertulis secara daring, Sabtu (15/10) pagi.
 
"Hari ini kita Bawaslu melaksanakan tes tertulis secara daring bagi peserta calon panwaslu kecamatan  se-Kabupaten Kapuas, yang kita laksanakan meminjam tempat di SMKN 1 Kapuas," kata Ketua Bawaslu Kapuas, Iswahyudi Wibowo di sela kegiatan.
 
Dikatakannya, jumlah peserta yang mendaftar menjadi calon panwaslu kecamatan sebanyak 260 orang. Dari 260 orang tersebut, tujuh di antaranya gugur karena tidak memenuhi persyaratan usianya kurang dari 25 tahun.
 
"Jadi yang berhak lolos tes berkas administrasi sebanyak 253 orang. Dari 253 orang kita bagi menjadi dua sesi. Sesi pertama sebanyak 130 orang dengan dibagi tiga ruangan dan sesi kedua nanti 123 orang," jelasnya.
 
Dia memaparkan, untuk tes tertulis yang dilaksanakan secara daring ini, nilai hasilnya terhubung langsung ke Bawaslu RI. Nanti, lanjutnya, Bawaslu RI melalui Bawaslu provinsi mengirimkan enam orang peserta yang tertinggi nilainya dari masing-masing kecamatan.

Baca juga: Optimalkan pelayanan, DPRD Kapuas minta ada perbaikan di PDAM Tirta
 
Kemudian, lanjutnya, setelah mendapatkan enam orang nilainya itu, lalu diranking. Selanjutnya, dari enam orang yang berhasil tersebut akan kembali mengikuti tes tahapan berikutnya yakni wawancara yang akan dilaksanakan sesuai jadwal pada 18-22 Oktober 2022 mendatang.
 
"Dari nilai tes tertulis ditambah dengan nilai tes wawancara itu, nanti kita tetapkan dalam rapat pleno menjadi tiga orang panwaslu kecamatan terpilih," terangnya.

Baca juga: KPU Kapuas matangkan persiapan verifikasi faktual calon peserta pemilu
 
Iswahyudi juga menyampaikan terima kasih kepada SMKN 1 Kuala Kapuas, yang sudah berkenan meminjamkan tempat untuk pelaksanaan tes bagi calon anggota panwaslu kecamatan se-Kabupaten Kapuas.
 
"Semoga pelaksanaan tes ini berjalan lancar dan tanpa hambatan apa pun," tutupnya.

Baca juga: DPRD apresiasi Pemprov Kalteng gelar pasar penyimbang di Kapuas

Baca juga: Dinkes: Vaksinasi dosis 3 di Kapuas sudah tercapai 27,14 persen