Kwarda Kalteng kirim 16 peserta ikuti KBN Nasional di Bengkulu

id Kwarda Kalteng,Palangka Raya,Provinsi Bengkulu,Kemah Bela Negara,Sekretaris Kwarda Kalteng Akhmad Husain, Wakil Ketua Bidang Abdi Masyarakat Kwarda Ka

Kwarda Kalteng kirim 16 peserta ikuti KBN Nasional di Bengkulu

Sekretaris Kwarda Kalteng Akhmad Husain (kedua kanan) berfoto bersama dengan pengurus Kwarda setempat jelang KBN Nasional 2022 di Palangka Raya, Rabu (14/12/2022). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Tengah mengirim 16 peserta yang akan mengikuti kegiatan Kemah Bela Negara (KBN) Nasional 2022, yang dilaksanakan di Provinsi Bengkulu.

Sekretaris Kwarda Kalteng Akhmad Husain di Palangka Raya, Selasa, mengatakan kegiatan KBN tersebut memang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari, bahkan pihaknya juga sudah siap mengirimkan peserta yang terdiri dari penegak.

"Tujuan dari KBN nasional 2022 ini tidak lain adalah agar para peserta memahami apa itu bela negara. Bahkan mereka juga akan mendapatkan wawasan terkait bela negara tersebut," katanya kepada wartawan.

Dia menuturkan, selain peserta dari beberapa kwartir cabang seperti Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Kotim, Murung Raya, Kobar, Dewan Kerja Daerah (DKD) dan Kwarda.

Keberangkatan peserta nantinya akan dibagi menjadi dua kloter. Kloter pertama para peserta dari kwartir cabang yang menyatakan mengikuti kegiatan KBN Nasional 2022 di Bengkulu, selanjutnya pengurus Kwarda.

"Rencananya pada pembukaan KBN Nasional pada 16-22 Desember 2022 itu, juga dihadiri Ketua Kwarda Kak Ivo Sugianto Sabran dan semoga tidak ada halangan sehingga beliau bisa hadir," katanya.

Di lokasi yang sama Wakil Ketua Bidang Abdi Masyarakat Kwarda Kalteng HM Istani P Yunus menambahkan, tujuan KBN tersebut tentunya untuk selain menambah wawasan kebangsaan para peserta yang hadir, juga menguatkan tentang bela negara agar mereka dapat menanamkan nilai-nilai bela negara.

Baca juga: Beras subsidi Pemprov Kalteng habis 3,5 ton dalam sehari

Bela negara tersebut tentunya tidak hanya dengan mengangkat senjata saja, melainkan menjaga marwah bangsa serta menjaga keutuhan bangsa ini dari hal-hal yang dapat merusak keutuhan NKRI.

"Sekali lagi tujuan KBN ini sendiri antara lain untuk memperkuat dan memperdalam wawasan kebangsaan, jadi bagaimana bangsa ini bisa menyatu bisa bersama-sama untuk meningkatkan kewaspadaan nasional, kemudian pertahanan dan lain sebagainya bisa dipahami oleh generasi muda dalam hal ini melalui gerakan pramuka dan pesertanya ini adalah tingkat penegak," demikian HM Istani P Yunus.

Berdasarkan pantauan di lapangan, para peserta yang berasal dari daerah yang baru saja menginjakkan kakinya di Kota Palangka Raya, diinapkan di Hotel Dandang Tingang Jalan Yos Sudarso.

Mereka nantinya akan diberangkatkan dan dilepas oleh pengurus Kwarda Kalteng menuju Provinsi Bengkulu, untuk mengikuti kegiatan KBN Nasional 2022.

Baca juga: Kalteng berhasil raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik

Baca juga: Kalteng dukung ST2023 wujudkan data pertanian berkualitas

Baca juga: Misi Dagang Jatim-Kalteng pacu kegiatan ekonomi dua daerah