Kwarda Pramuka Kalteng ziarah ke makam pahlawan

id Kwarda Kalteng,Palangka Raya,Kalteng,Pramuka ,Wakil Ketua Bidang Abdimas dan Humas Binawasa M Istani P Yunus ,Kwarda Pramuka Kalteng ziarah ke makam p

Kwarda Pramuka Kalteng ziarah ke makam pahlawan

Pengurus Kwarda Kalteng melakukan ziarah ke makam pahlawan yang berada di Jalan Tjilik Riwut Km 2,5 Kota Palangka Raya, Sabtu (12/8/2023). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah bersama Kwartir Cabang Kota Palangka Raya, pembina pramuka hingga Pamong Saka melaksanakan ziarah dan tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang di Jalan Tjilik Riwut km 2,5 Palangka Raya.

Wakil Ketua Bidang Abdimas dan Humas Binawasa, M Istani P Yunus di Palangka Raya, Sabtu, mengatakan ziarah ke makam pahlawan tersebut sebagai bentuk penghormatan sekaligus mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan.

"Kegiatan ziarah ini dalam rangka Hari Jadi ke-62 Pramuka. Kita ingin mengenang jasa pahlawan dan juga sebagai bentuk penghormatan," terang Istani.

Dia menuturkan, tujuan lainnya untuk meningkatkan wawasan kebangsaan bagi anggota pramuka, baik tingkat penggalang, hingga pembina.

"Ini dilakukan rutin dan semoga melalui hal tersebut wawasan kebangsaan meningkat," katanya.

Baca juga: Polwan Polda Kalteng gelar baksos di bawah Jembatan Kahayan

Lebih lanjut Istani menyampaikan, pihaknya juga terus mendorong upaya untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) kepramukaan, agar mampu profesional dengan melaksanakan aturan gerakan pramuka.

"Kami ingin dalam hari jadi pramuka ini, anggota pramuka terus profesional dan berkualitas melalui kepedulian, baik sesama maupun terhadap orang lain. Pada intinya terus berupaya dalam hal mewujudkan SDM profesional dan berwawasan kebangsaan," ucapnya.

Ia menambahkan, dalam gerakan pramuka, membantu dapat dilakukan baik melalui pikiran maupun gagasan. Selain itu, juga dapat membantu dari sisi keuangan, tetapi itu tidak harus menggunakan uang pribadi, misalnya bisa memberikan masukan melalui bidang usaha, seperti lebah madu contohnya di Nyaru Menteng.

"Ingat pramuka tidak hanya tarpaku pada sumber dana bantuan pemerintah, tetapi juga bisa mandiri dengan usaha sendiri. Kami harapkan hal itu bisa terlaksana dengan baik dan benar," demikian M Istani P Yunus.

Baca juga: DPRD ajak warga Palangka Raya peduli terhadap korban kebakaran

Baca juga: Anggota DPR RI ajak masyarakat Kalteng proaktif cegah karhutla

Baca juga: Polda Kalteng gencar edukasi bijak bermedia sosial ke para pelajar