Kwarda Pramuka Kalteng ziarah ke makam pahlawan

id Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng ,Palangka Raya ,HUT Ke-63 Pramuka,Kalteng

Kwarda Pramuka Kalteng ziarah ke makam pahlawan

Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng melaksanakan ziarah ke makam pahlawan memperingati HUT Ke-63 Pramuka di Palangka Raya, Senin (12/8/2024). ANTARA/Adi Wibowo 

Palangka Raya (ANTARA) - Pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah (Kalteng) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Pramuka Tahun 2024 ziarah ke makam pahlawan Sanaman Lampang, Kota Palangka Raya. 

Sekretaris Kwarda Pramuka Kalteng, Akhmad Husain usai melaksanakan ziarah bersama pengurus Kwarda setempat, Senin, mengatakan kegiatan pada hari ini merupakan bentuk ungkapan rasa syukur, sekaligus sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa-jasa para pahlawan yang telah memberikan contoh semangat dan kegigihan kepada para generasi penerusnya.

"Nilai-nilai serta semangat kepahlawanan tersebut harus dapat diteruskan oleh generasi berikutnya, untuk membangun Indonesia menuju Indonesia yang lebih maju lagi," kata Akhmad Husain.

Di HUT Pramuka tahun ini Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng mengusung tema 'Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI' dipimpin langsung Sekretaris Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng Ahmad Husain. 

Ia menuturkan, jiwa-jiwa kepahlawanan dimaksud yakni dengan cara mengesampingkan kepentingan pribadi maupun golongan.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya diharapkan pertahankan kinerja

Insan pramuka yang juga sebagai generasi penerus bangsa, memang seharusnya meniru jiwa-jiwa kepahlawanan para pejuang pendahulu.

"Yakni melalui cara mengesampingkan ego kepentingan pribadi maupun golongan. Kemudian, semuanya itu semata-mata hanya ditujukan untuk kepentingan bangsa dan negara kita," bebernya.

Di lokasi yang sama, Kepala Lemdikda Kwarda Kalteng, Hidayattullah mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang baik kepada generasi penerus.

Dia mengungkapkan, pramuka memiliki andil penting untuk mempersiapkan para generasi penerus, menuju Indonesia Emas 2045. 

"Baik melalui ekstrakurikuler pramuka di setiap jenjang satuan pendidikan, mulai dari jenjang TK atau Siaga, Penggalang sampai ke Pandega di perguruan tinggi, pendidikan karakter akan kami terus berikan," tegasnya.

Hidayatullah menambahkan, pada intinya melalui pendidikan Pramuka pihaknya juga berkomitmen untuk memberikan pendidikan karakter guna mempersiapkan generasi penerus yang memiliki karakter. 

"Pemuda pemudi kita yang tergabung di pramuka kita selalu berikan pendidikan karakter, sehingga ke depan anak-anak bangsa ini menjadi anak yang bertanggung jawab serta selalu menghormati jasa-para pahlawan dan pendahulunya," demikian Hidayatullah.

Baca juga: DPC PKB Palangka Raya dukung Muhaimin Iskandar di Muktamar VI Bali

Baca juga: BPJS Kesehatan apresiasi pemda di Kalteng dukung program JKN lewat capaian UHC

Baca juga: Pedagang Bendara Merah Putih di Palangka Raya sepi peminat