Brigjen Agung Budijono resmi jabat Wakapolda Kalteng

id Polda Kalteng,Palangka Raya ,Wakapolda Kalteng ,Irjen Pol Ida Oetari Poernamasasi,Brigjen Pol Agung Budijono,Irjen POl Nanang Avianto,Sertijab Wakapol

Brigjen Agung Budijono resmi jabat Wakapolda Kalteng

Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto (tengah) salam komando bersama Wakapolda Kalteng lama Irjen Pol Ida Oetari Poernamasasi (kiri) dan Wakapolda yang baru Brigjen Pol Agung Budijono usai melaksanakan sertijab di Aula Arya Dharma Kota Palangka Raya, Kamis (29/12/2022). ANTARA/Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Agung Budijono resmi menjabat Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Kalimantan Tengah setelah melaksanakan serah terima jabatan yang dipimpin oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto di Aula Arya Dharma, Mapolda setempat Kota Palangka Raya.

Kapolda Kalteng Nanang Avianto dalam sambutannya kegiatan serah terima jabatan wakapolda setempat di Palangka Raya, Kamis, menuturkan pejabat yang baru menggantikan jabatan Irjen Pol Ida Oetari Poernamasasi yang dimutasikan sebagai Perwira tinggi (Pati) Polda Kalteng dalam rangka pensiun. Sedangkan Wakapolda yang baru sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Kalsel.

"Terima kasih kepada Irjen Pol Ida Oetari yang selama menjabat Wakapolda sudah menunjukkan dedikasi dan kinerja yang sangat baik dalam pelaksanaan tugas, sehingga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Kalteng tetap kondusif," katanya.

Dia menuturkan, Irjen Ida Oetari Poernamasasi juga merupakan role model bagi para Polisi Wanita (Polwan) karena prestasinya patut diacungi jempol.

"Irjen Ida juga merupakan perwira tinggi Polri wanita pertama yang mengemban amanah sebagai Wakapolda Kalteng, sekaligus menjadi Ketua  International Association of Women Police (IAWP) Region 23 yang membawahi 19 negara,"  ucap berpangkat jenderal bintang dua itu.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Kalteng Kombes Pol Kismanto Eko Saputro menambahkan, pada kesempatan itu orang nomor satu di lingkup Polda Kalteng tersebut, juga turut mengucapkan selamat kepada Brigjen Pol Agung Budijono.

"Selamat datang di bumi Tambun Bungai, dan selamat bertugas sebagai Wakapolda Kalteng," beber Eko.

Dasar dilaksanakannya serah terima jabatan Wakapolda Kalteng tersebut, tentunya berdasarkan perintah Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang melakukan rotasi di tubuh Polri.

Hal tersebut tertuang dalam Surat telegram Kapolri nomor ST/2775/XII/KEP/2022, tertanggal 23 Desember 2022.

Untuk diketahui, Wakapolda Kalteng yang baru merupakan alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 satu angkatan dengan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.