28 pejabat Barito Utara ikuti lelang terbuka pengisian JPT Pratama

id lelang jabatan barito utara,seleksi jpt pratama,barito utara,kalteng,Muara Teweh

28 pejabat Barito Utara ikuti  lelang  terbuka pengisian  JPT  Pratama

Sekraetaris Daerah Barito Utara Muhlis.ANTARA/HO-Prokopim Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Sebanyak 28 orang pejabat di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mengikuti lelang terbuka untuk mengisi enam jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama eselon II b di lingkungan pemerintah kabupaten setempat.

"Sejak dibukanya pendaftaran pada tanggal 30 Januari 2023 hingga penutupan pendaftaran pada Jumat (3/2) ada sebanyak 28 peserta yang mengikuti seleksi tersebut," kata Ketua seleksi terbuka pengisian JPT pratama yang juga Sekretaris Daerah Barito Utara Muhlis di Muara Teweh, Minggu.

Menurut dia, para pejabat itu mengikuti seleksi untuk mengisi enam jabatan yang masih kosong atau lowong meliputi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan).

Kemudian Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disdalduk KBP3A) dan Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan Kabupaten Barito Utara.

"Jadi JPT yang masih kosong  dan akan diisi melalui seleksi terbuka ini. Siapa saja boleh ikut mendaftar sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Sekda Muhlis.

Dia mengatakan, saat ini seleksi terbuka masih dalam proses, di mana pendaftaran mulai dari 30 Januari hingga 3 Februari. Kemudian pada 6-7 Februari verifikasi dan penilaian administrasi/rekam jejak. Pengumuman hasil seleksi administrasi/rekam jejak 8 Februari 2023.

Kemudian, pada 9-12 Februari 2023 dilaksanakan assesmen center, pengumuman hasil assesmen center dilaksanakan pada 14 Februari 2023. Uji penulisan dan persentasi makalan pada 15-16 Februari 2023. Pengumuman hasil uji penulisan dan persentasi makalah pada 17 Februari 2023. 

“Untuk wawancara akhir (20-21 Februari), pengumuman akhir (23 Februari), uji kesehatan (24-25 Februari), penyampaian hasil seleksi kepada Sekretaris Daerah selaku PyB untuk diteruskan ke Bupati Barito Utara selaku PPK (27 Februari) dan laporan pelaksanaaan seleksi terbuka ke KASN secara online melalui aplikasi SIJAPTI pada 28 Februari 2023," kata Sekda.

Lebih lanjut Sekda, untuk sistem seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkup Pemkab Barito Utara menggunakan sistem seleksi kompensasi (compensatory selection) yang mewajibkan setiap peserta untuk mengikuti seluruh tahapan seleksi sehingga dapat diperoleh informasi yang lengkap dan utuh mengenai potensi masing-masing peserta.