Peningkatan Pasar Bahaur masuk usulan Musrenbang Kahayan Kuala

id Peningkatan Pasar Bahaur masuk usulan Musrenbang Kahayan Kuala, kalteng, Pulang pisau

Peningkatan Pasar Bahaur masuk usulan Musrenbang Kahayan Kuala

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pulang Pisau Tony Harisinta memimpin Musrenbang di Kecamatan Kahayan Kuala pada Selasa (7/2/2023). ANTARA/ HO-Diskominfostandi Pulang Pisau

Pulang Pisau  (ANTARA) - Camat Kahayan Kuala Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Muhammad Daulay mengatakan peningkatan infrastruktur dan fasilitas pasar Bahaur menjadi salah satu usulan prioritas yang disampaikan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk dimasukkan dalam perencanaan program pemerintah setempat pada 2024.

“Pasar tradisional Bahaur menjadi penopang perekonomian di kecamatan setempat. Selain itu juga menjadi penyumbang pendapatan asli daerah (PAD),” kata Daulay, Selasa.

Dikatakannya, keberadaan pasar tradisional ini menjadi urat nadi perekonomian yang tidak kalah penting dari usulan lain yang disampaikan dalam Musrenbang Kecamatan Kahayan Kuala. Aktivitas pasar untuk transaksi dalam satu minggu cukup ramai dengan masuknya para pedagang dari luar daerah dan pembeli dari sejumlah desa.

Menurut Daulay, usulan lain yang juga banyak disampaikan adalah permintaan peningkatan infrastruktur jalan. Dari banyaknya usulan peningkatan jalan itu yang menjadi skala prioritas adalah peningkatan jalan dari ibu kota kecamatan hingga ke Desa Cemantan sepanjang 15 kilometer.

Baca juga: Peluang investasi di Pulang Pisau masih menjanjikan

Paling tidak, peningkatan pembangunan infrastruktur jalan dilakukan dari Desa Sei Runggun hingga Desa Pandan Sari sepanjang 8 kilometer. Keberadaan infrastruktur di wilayah ini kondisinya masih memprihatinkan sehingga perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat. 

“Tersedianya infrastruktur jalan yang baik dan memadai juga menjadi salah satu kunci kesejahteraan bagi masyarakat dan ikut mempermudah akses keluar masuknya barang dan jasa serta hasil dari komoditi masyarakat,” paparnya

Muhammad Daulay menuturkan, peningkatan jalan minimal sampai Desa Pandan Sari karena jalan tersebut melewati dua desa yakni Desa Pudak dan Desa Sei Pasanan dan mendorong roda perekonomian bisa kembali bangkit karena di dua desa tersebut terdapat aktifitas  pasar dan sekolahan.

Masyarakat di kecamatan setempat, terang dia, sangat berharap usulan bidang infrastruktur, ekonomi, sosial budaya, dan pemerintahan dapat diakomodir oleh pemerintah pada 2024 mendatang sehingga hasil Musrenbang bisa memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Kahayan Kuala.  
 
Baca juga: Sekda Pulang Pisau sebut lima prioritas hasil musrenbang

Baca juga: Dinsos Pulang Pisau bantu pemulangan empat pekerja

Baca juga: Sekda Pulang Pisau ajak insan pers berpartisipasi dalam percepatan pembangunan