Pemkab Bartim segera bangun jalan baru Simpang Desa Tangkan-Bentot

id Pemkab Bartim bangun jalan baru Simpang Desa Tangkan-Bentot, kalteng, bartim, Barito timur, jalan

Pemkab Bartim segera bangun jalan baru Simpang Desa Tangkan-Bentot

Bupati Bartim, Ampera AY Mebas. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang  (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas berupaya membangun jalan baru agar jalan dari Desa Tangkan Kecamatan Awang menuju Desa Bentot Kecamatan Patangkep Tutui tidak lagi melintasi Jalan Pertamina.

“Kita akan bangun jalan baru dari Simpang Desa Tangkan menuju Desa Bentot,” kata Bupati Bartim Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Kamis.

Menurutnya, dirinya bersama Tim Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Permukiman (PUPR Perkim) Barito Timur telah melakukan survei atas rencana jalan tersebut.

Ampera menambahkan, rencana pembukaan dan pembangunan jalan baru dengan estimasi sekitar 1,5 kilometer itu akan bekerja sama dengan Kodim 1012 Buntok melalui Program Karya Bhakti TNI.

“Penghitungan biaya dilakukan Dinas PUPR Perkim,” kata Ampera.

Rute jalan baru simpang Tangkan - Bentor tersebut, tambah Ampera, dari simpang Tangkan menuju depan Koramil Bentot. Diperlukan dukungan seluruh elemen masyarakat agar pembangunan jalan tersebut bisa terlaksana.

Baca juga: Masyarakat diminta manfaatkan layanan kesehatan masuk desa

Kepala Dinas PUPR Perkim Bartim Jumail Paladuk mengatakan, pihaknya sudah melakukan peninjauan. Dalam peninjauan itu, Jumail turun bersama tim teknis melihat langsung rencana lokasi pembangunan jalan.

“Survei atau peninjauan sudah dilakukan. Sebagai instansi teknis, kami mendukung kebijakan tersebut untuk memudahkan akses transportasi masyarakat sehingga warga desa Bentot atau sebaliknya dari Desa Tangkan tidak lagi melintasi Jalan Pertamina,” kata Jumail.

Diterangkan Jumail, terobosan-terobosan pembangunan jalan terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Barito Timur semasa kepemimpinan AMpera AY Mebas, diantaranya Jalan Pulau Padang - Betang Nalong, Jalan Gumpa – Tewah Pupuh.

Pembangunan jalan-jalan tersebut dilaksanakan untuk memudahkan transportasi masyarakat dalam rangka mempermudah dan memperlancar arus lalu lintas dan perekonomian masyarakat.

Baca juga: Bupati dukung pembangunan situs sejarah penyebaran Injil di Bartim

Baca juga: Sekda ingatkan Netralitas ASN di Bartim harus tetap terjaga menjelang Pemilu 2024

Baca juga: Sekda Bartim berharap sosialisasi Pemilu 2024 terlaksana dengan optimal