Pemprov Kalteng manfaatkan kejuaraan sepeda dunia untuk promosikan daerah

id Pemprov kalteng, gubernur kalteng sugianto sabran, uci mtb, kejuaraan sepeda dunia, mountain bike, palangkaraya, kalteng

Pemprov Kalteng manfaatkan kejuaraan sepeda dunia untuk promosikan daerah

Dokumentasi - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran bersama istri menyaksikan kejuaraan sepeda dunia di Palangka Raya pada 2022 lalu. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memanfaatkan event kejuaraan sepeda dunia yang akan kembali dilaksanakan di Kota Palangka Raya sebagai sarana strategis untuk mengoptimalkan promosi daerah.

"Ini menjadi salah satu sarana kita untuk menunjukkan Kalteng, supaya dunia tahu di Indonesia ada Kalteng," tegas Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran di Palangka Raya, Senin.

Adapun kejuaraan sepeda dunia yang akan digelar di Palangka Raya adalah UCI MTB Eliminator World Championships yang rencananya dilaksanakan 15 Oktober 2023 mendatang.

Gelaran kejuaraan sepeda dunia di Palangka Raya pada 2023 ini, ditandai penandatanganan kerja sama nota kesepahaman UCI Mountain Bike antara CEO City Mountain Bike (MTB) dengan Pengurus Besar Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) belum lama ini.

Sugianto menjelaskan, untuk itu pemerintah provinsi bersama instansi terkait lainnya terus melaksanakan pembenahan pada berbagai hal terutama di wilayah Kota Palangka Raya untuk menunjang gelaran agenda internasional tersebut.

"Kita juga terus berbenah, melengkapi berbagai hal yang diperlukan sekaligus untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata yang dimiliki," ucapnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng optimalkan pertanian dengan memberikan berbagai sarpras

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengajak seluruh elemen masyarakat menyukseskan sekaligus memanfaatkan agenda bertaraf internasional ini untuk menunjukkan berbagai keunggulan yang dimiliki daerah, seperti budaya dan pariwisata, ekonomi kreatif, serta lainnya.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo menambahkan, banyak hal yang didapat dari penyelenggaraan tahun lalu, di antaranya menjadi sarana memperkenalkan daerah beserta adat dan budaya, hingga berkontribusi dalam upaya pemulihan ekonomi.

Pemprov Kalteng mengapresiasi CEO UCI City MTB Kristof Bruyneel dan jajaran yang sebelumnya pada 2022 lalu telah melaksanakan turnamen internasional tersebut di Palangka Raya.

Dalam sisi kesiapan, Pemprov Kalteng juga akan mendukung melalui penganggaran APBD 2023 melalui Dinas Pemuda dan Olahraga.

"Pada penyelenggaraan turnamen sebelumnya, begitu antusiasnya masyarakat yang menyaksikan. Kemarin (tahun lalu) dilaksanakan itu berdampak positif," katanya.

Baca juga: Pemprov Kalteng prioritaskan ketersediaan komoditas dominan penyumbang inflasi saat HBKN

Baca juga: Pemprov Kalteng distribusikan 4.000 paket sembako murah di empat lokasi

Baca juga: Gubernur Kalteng laksanakan Safari Jumat Berkah pererat jalinan silaturahmi