Ma'ruf Amin minta politikus tak bernafsu kampanye di tempat ibadah

id Ma'ruf Amin ,kampanye ,tempat ibadah,Wakil Presiden,pemilu 2024

Ma'ruf Amin minta politikus tak bernafsu kampanye di tempat ibadah

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan keterangan pers kepada wartawan di sela-sela kunjungan kerja di Riau, Senin (20/3/2023). (ANTARA/HO-BPMI Setwapres)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta politikus dan relawan politik tidak mempunyai keinginan untuk berkampanye di tempat ibadah, khususnya masjid, selama bulan Ramadhan.

"Kepada pimpinan partai politik dan juga para relawannya, supaya tidak bernafsu untuk menjadikan masjid sebagai tempat kampanye," kata Ma'ruf Amin usai menghadiri peringatan Hari Desa Asri Nusantara 2023 di Desa Makmur, Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau, Senin.

Sebagaimana tayangan video yang dipantau di Jakarta, Senin, Ma'ruf mengatakan tata cara pelaksanaan pemilu, termasuk masa pra-pemilu, sudah memiliki aturan jelas, yakni tempat ibadah, tempat pendidikan, lembaga pendidikan, dan kantor pemerintahan tidak boleh dijadikan tempat kampanye politik.

Baca juga: Bawaslu ingatkan Parpol tak boleh campur adukkan Ramadhan dengan kampanye

"Biarkan masjid untuk salat, untuk ibadah, untuk kegiatan sosial; supaya disterilkan dari kampanye," tegasnya.

Dia juga meminta pengurus tempat ibadah, khususnya masjid, untuk memastikan tidak ada kegiatan kampanye di tempat ibadahnya.

"Belum tentu di satu masjid itu aspirasi politiknya sama, sehingga bisa terjadi pembelahan-pembelahan," ujar Wapres.

Hadir mendampingi Wapres dalam keterangan pers ialah Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, Gubernur Riau Syamsuar, serta Bupati Pelalawan H. Zukri.

Baca juga: Ma'ruf Amin : Jangan jadikan tempat ibadah lokasi kampanye Pemilu 2024

Baca juga: Kemenag ingatkan hindari politisasi agama dalam kampanye Pemilu 2024

Baca juga: Bawaslu kaji secara rutin pengawasan kampanye Pemilu 2024 di media sosial