Kia pamerkan SUV EV9 jelang diluncurkan di Korea Selatan pada Q2

id Kia,suv ev9,q2,Mobil listrik

Kia pamerkan SUV EV9 jelang diluncurkan di Korea Selatan pada Q2

Kendaraan listrik SUV Kia EV9 (ANTARA/HO-Kia)

Jakarta (ANTARA) - Kia Corp., perusahaan mobil terbesar kedua di Korea Selatan berdasarkan penjualan, pada Rabu memperkenalkan SUV unggulan listrik EV9 sebelum diluncurkan di pasar domestik pada kuartal kedua.

EV9 adalah model kedua Kia yang dilengkapi dengan platform kendaraan listrik khusus Hyundai Motor Group, yang disebut E-GMP, setelah SUV EV6 diluncurkan pada tahun 2021.

SUV listrik dengan tiga baris kursi ini dilengkapi dengan baterai 99,8 kWh dan diperkirakan dapat menempuh lebih dari 500 km dengan sekali pengisian daya, kata Kia dalam sebuah pernyataan.

Kia berencana untuk secara bertahap meluncurkan EV9 di pasar Amerika Serikat, Eropa, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Asia-Pasifik pada paruh kedua tahun ini.

Perusahaan bertujuan untuk memproduksi sekitar 100.000 unit per tahun dari model baru ini di pabrik Kia Autoland Gwangmyeong, di selatan Seoul, untuk penjualan global.

Kia berencana untuk menambahkan model GT-line EV9 dan model performa EV9 GT untuk memperkuat jajaran mobil listriknya di akhir tahun ini. Model GT-line mengadopsi desain model GT performa untuk memenuhi beragam permintaan pelanggan.

Baca juga: Hyundai dan KIA tarik ribuan kendaraan akibat permasalahan kelistrikan

Produsen sedan K5 dan SUV Sorento ini akan memperkenalkan teknologi otonom tingkat 3 melalui program Highway Driving Pilot dalam model GT-line, kata pernyataan tersebut.

Mobil tingkat 3 memungkinkan perubahan lajur dan fungsi mengemudi otonom lainnya untuk bekerja tanpa intervensi pengemudi.

Pada level 4, kendaraan dapat mengemudi sendiri dalam kondisi terbatas dan tidak akan beroperasi jika semua kondisi yang diperlukan tidak terpenuhi. Pada level 5, fitur mengemudi otomatis kendaraan dapat mengemudi dalam kondisi apa pun.

EV9 telah dikembangkan dalam filosofi desain baru Kia, "Opposites United," yang mencerminkan fokusnya yang berubah ke arah elektrifikasi.

Mobil ini dilengkapi dengan desain eksterior yang ramping dan berani, dan arsitektur kendaraan listrik lantai datarnya menawarkan ruang interior dengan tempat duduk baris ketiga dan kenyamanan yang ditingkatkan.

Program "Kia Connect Store" memungkinkan pelanggan untuk selalu memperbarui EV9 mereka dengan meningkatkan fitur dan layanan digital SUV tanpa harus membawa kendaraan ke dealer.

Baca juga: Kia perkenalkan konsep SUV listrik EV5 di China

Dengan opsi kursi berputar, kursi baris kedua dapat berputar 180 derajat untuk memungkinkan percakapan dengan orang-orang di baris ketiga.

SUV ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan, seperti blind-spot collision-avoidance assist, cruise control pintar berbasis navigasi, dan sistem bantuan mencegah tabrakan saat parkir.

Kia berencana untuk memamerkan EV9 di Seoul Mobility Show yang akan dibuka pada akhir bulan ini dan memperkenalkannya di New York International Auto Show pada awal April.

Tahun ini, perusahaan menetapkan target penjualan sebesar 3,2 juta unit, lebih tinggi dari 2,9 juta unit yang terjual tahun lalu.

Grup Hyundai Motor telah memperkenalkan Hyundai IONIQ 5 dan Kia EV6 berdasarkan platform E-GMP, dan berencana menambahkan model all-electric Genesis GV70 ke dalam jajaran mobil listriknya. Demikian disiarkan Yonhap, Rabu.