Umat Hindu Desa Tawai Haui kini memiliki Balai Basarah

id balai basarah,desa tawai haui,kecamatan laung tuhup,murung raya,kalteng,rumah ibadah hindu murung raya

Umat Hindu Desa Tawai Haui kini memiliki Balai Basarah

Peresmian Balai Basarah rumah ibadah umat Hindu di Desa Tawai Haui oleh Wakil KTT PT SAB yang disaksikan oleh pemerintah desa serta warga desa setempat, Jumat (31/3/2023). ANTARA/dokumentasi pribadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Umat Hindu Kaharingan di Desa Tawai Haui, Kecamatan Laung Tuhup, Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, sejak 2016 sampai 2022  tidak memiliki rumah ibadah sehingga berbagai acara keagamaan terpaksa dilaksanakan di rumah warga dan bahkan di fasilitas milik pemerintah desa setempat.

Kepala Desa Tawai Haui Nandang saat peresmian rumah ibadah Balai Basarah menjelaskan kondisi Umat Hindu di desanya dari 2016 hingga 2022 tidak bisa melaksanakan ibadah dan kegiatan keagamaan di rumah ibadah karena kondisi bangunan tidak layak digunakan.

"Ucapan terima kasih yang tidak terhingga atas bantuan material yang diberikan oleh salah satu perusahaan tambang di desa kami sehingga rumah ibadah Umat Hindu Balai Basarah dapat dibangun dan digunakan pada perayaan Hari Raya Nyepi 2023 ini,” kata Nandang saat peresmian Balai Basarah di Desa Tawai Haui, Jumat (31/3/2023).

Menurut Nandang, pada perayaan Hari Raya Nyepi 2023 ini Balai Basarah bisa digunakan oleh Umat Hindu di desanya atas dukungan dari Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat PT Semesta Alam Barito dalam bidang keagamaan maupun infrastruktur.

Ditempat yang sama, Ketua Majelis Resort Umat Hindu Murung Raya Jami mengatakan sangat berterima kasih atas kepedulian para investor atas bantuan yang diberikan sehingga pada tahun ini Umat Hindu bisa merayakan Hari Raya Nyepi di Balai Basarah, sebab pada tahun-tahun sebelumnya perayaan dilaksanakan di gedung atau aula Desa Tawai Haui.

Menurut Jami juga dirinya berharap kepedulian serupa juga bisa ditunjukkan oleh investor-investor lain di daerah ini atau di beberapa desa binaannya untuk bisa mendata rumah ibadah semua agama yang tidak layak digunakan agar bisa diperbaiki melalui program PPM bidang keagamaan dan infrastruktur.

Wakil Kepala Teknik Tambang PT Semesta Alam Barito  Mbarep Miftahul Haq mengatakan bantuan yang telah berikan oleh pihaknya tersebut diharapkan bisa bermanfaat serta menjadikan hubungan antara perusahaan dengan masyarakat Desa Tawai Haui semakin terjalin erat.

“Kami dari PT SAB turut juga merasakan kebahagiaan yang dirasakan oleh Umat Hindu di Desa Tawai Haui karena pada tahun ini sudah bisa melaksanakan ibadah di Hari Raya Nyepi di Balai Basarah yang baru diresmikan ini,” katanya.