Camat se-Bartim diminta awasi proses tahapan Pilkades Serentak 2023

id Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas, Barito Timur, bartim, kalteng

Camat se-Bartim diminta awasi proses tahapan Pilkades Serentak 2023

Bupati Bartim Ampera AY Mebas. ANTARA/Habibullah.

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas mengingatkan dan meminta kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan camat di kabupaten setempat, agar mengawasi dengan cermat tahapan Pilkades Serentak 2023 yang sedang berproses.

Saya minta juga agar meneliti dan memeriksa dengan seksama bakal calon kepala desa yang telah mendaftar, sehingga memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan," kata Ampera di Tamiang Layang, Senin.

Menurutnya, panitia pemilihan kepala desa di masing-masing kecamatan juga harus mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk menjalankan tahapan Pilkades secara lancar dan aman, serta menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

"Saya yang memimpin langsung rapat evaluasi tahapan pengumuman atau pendaftaran dan tahapan verifikasi berkas bakal calon kepala desa di ruang rapat Bupati Barito Timur, Senin (10/4/2023)," kata dia.

Adapun pembahasan dalam rapat tersebut terkait evaluasi tahapan pengumuman atau pendaftaran Pilkades, tahapan verifikasi berkas bakal calon kepala desa, data pemilih, dan kesiapan panitia pemilihan kepala desa serentak di masing-masing kecamatan.

Untuk itu, rapat evaluasi itu diharapkan dapat membantu memastikan kelancaran Pilkades dan menjamin partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi yang berlangsung di Kabupaten Barito Timur

Baca juga: Bupati tegaskan program sawit rakyat murni untuk masyarakat Bartim

"Rapat ini bertujuan untuk memastikan bahwa proses tahapan Pilkades berjalan dengan baik dan benar," kata Ampera.

Rapat evaluasi itu dipimpin Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas dan dihadiri Sekretaris Daerah Panahan Moetar, para Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, dan para Camat serta beberapa Kepala Bagian Pemerintahan di Setda Barito Timur.

Pilkades Serentak 2023 di Kabupaten Barito Timur diikuti 86 desa pada 10 kecamatan. Saat ini Pilkades pada tahapan pendaftaran dan akan berlanjut pada tahapan verifikasi berkas bakal calon kepala desa.

Baca juga: Pemkab Bartim ajukan peninjauan ulang tata batas wilayah

Baca juga: PUPR Perkim Bartim optimistis jalan lingkar timur dan jalan pengembangan food estate tuntas

Baca juga: KPU Bartim tetapkan DPS 81.695 orang pada Pemilu 2024