Bagnaia juara MotoGP Spanyol

id Francesco bagnaia,Pebalap ducati lenovo ,juara ,motogp spanyol

Bagnaia juara MotoGP Spanyol

Foto Arsip-Pebalap tim Ducati Francesco Bagnaia dan pebalap tim Yamaha Fabio Quartararo berduel di Grand Prix Portugal, Sirkuit Alrgarve, Portimao. (24/4/2022) (AFP/GABRIEL BOUYS)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia akhirnya kembali berdiri di podium tertinggi setelah pertarungan sengit melawan Brad Binder (Red Bull KTM) di lap-lap final MotoGP Spanyol, Minggu.



Bagnaia berhasil mencatatkan waktu terbaik yakni 39 menit 29,085 detik pada balapan yang digelar di Sirkuit Jerez tersebut. Ia akhirnya bisa kembali menjadi juara sejak balapan pembuka GP Portugal di awal musim. Setelah itu, pebalap yang akrab disapa Pecco itu cukup mengalami masa yang menantang di GP Argentina dan GP Amerika.



“Saya sangat senang dengan progres yang ada, dan rasanya sulit untuk dipercaya bahwa kami sebagai tim bisa mewujudkannya (kemenangan). Kami mencoba segalanya dan pada akhirnya kami mendapatkan kemenangan! Saya sangat berterima kasih untuk tim,” kata Pecco.



Di sisi lain, Binder yang sebelumnya memenangkan balapan Sprint pada Sabtu (29/4), finis di posisi kedua dengan selisih waktu 0,221 detik dari Pecco. Keduanya bersaing ketat memperebutkan gelar juara di Jerez, dengan pebalap asal Afrika Selatan itu mencoba keras menyalip Pecco di putaran terakhir.



Binder pun tak sendiri. Rekan satu timnya, Jack Miller, juga mencoba mempersempit peluang Pecco untuk memenangkan balapan utama tersebut. Tapi, Miller harus puas finis tepat di belakang Binder dengan waktu terpaut 1,119 detik dari sang pebalap Italia.



Lebih lanjut, daftar enam besar diisi oleh Jorge Martin (Prima Pramac Racing), Aleix Espargaro (Aprilia Racing), dan Luca Marini (Mooney VR46) dengan selisih waktu masing-masing 1,942 detik; 4,760 detik; dan 6,329 detik dari pemimpin balapan.



Sementara, pebalap wildcard Dani Pedrosa terus menunjukkan kualitas terbaiknya di kelas MotoGP dengan finis di posisi ketujuh (+6,371 detik). Urutan kedelapan dan sembilan masing-masing ditempati oleh Alex Marquez (Gresini Racing) dan Takaaki Nakagami (LCR Honda).



Di sisi lain, kemenangan Pecco di MotoGP Spanyol membuatnya kembali memuncaki klasemen sementara kejuaraan dengan total 87 poin. Di bawahnya ada Marco Bezzecchi (Mooney VR46) dan Binder dengan koleksi masing-masing 65 dan 62 poin.



Selanjutnya di posisi empat dan lima ada Miller dengan jumlah 49 poin, unggul tipis atas Maverick Vinales (Aprilia Racing) yang berada di urutan kelima dengan 48 poin.