Pemkab Gumas harapkan revitalisasi satkamling dilakukan di seluruh daerah

id Pemkab gunung mas, bupati gumas jaya s monong, revitalisasi satkamling, pos kamling, kuala kurun, gumas, gunung mas

Pemkab Gumas harapkan revitalisasi satkamling dilakukan di seluruh daerah

Staf Ahli Bupati Gunung Mas Yansiterson bersama Kapolres AKBP Asep Bangbang Saputra dan lainnya memukul kentongan, tanda dilakukannya revitalisasi satkamling di Jalan Delima Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, Kamis (5/5/2023).  (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, menyambut baik deklarasi revitalisasi satuan keamanan lingkungan (satkamling) di Jalan Delima Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun.

Semangat revitalisasi satkamling diharap bisa bergelora di seluruh wilayah Gunung Mas, ucap Bupati Jaya S Monong sebagaimana disampaikan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Yansiterson, saat menghadiri revitalisasi satkamling di Tampang Tumbang Anjir, Kamis.

“Jajaran pemerintah daerah mulai dari RT, RW, kepala desa, lurah, dan camat, harus mendukung revitalisasi satkamling. Tindaklanjuti revitalisasi satkamling di wilayah masing-masing,” sambungnya.

Dia menyebut, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bukan hanya menjadi tugas Polri/TNI. Masyarakat umum juga memiliki tugas menjaga kamtibmas, salah satu cara dengan mengaktifkan satkamling di wilayah masing-masing.

Terlebih jumlah personel Polri/TNI terbatas, sehingga diperlukan dukungan dan peran aktif dari masyarakat, agar suasana kamtibmas di kabupaten bermoto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau selalu kondusif.

Baca juga: Pemkab Gunung Mas lakukan penyusunan KLHS RPJPD 2025-2045

Selain itu, dia juga mengingatkan masyarakat agar mengetahui isyarat yang akan sering muncul jika satkamling berjalan. Isyarat yang dimaksud adalah bunyi kentongan atau lonceng.

 “Jika kentongan berbunyi dua kali, tandanya situasi aman dan petugas siap di lokasi. Namun jika kentongan berbunyi 15 kali, tandanya ada permasalahan dan masyarakat sekitar harus waspada,” kata Yansiterson.

Revitalisasi satkamling ini diselenggarakan oleh Kepolisian Resor (Polres) Gunung Mas. Kapolres Gunung Mas, AKBP Asep Bangbang Saputra menyampaikan, salah satu tujuan revitalisasi adalah mengaktifkan kembali partisipasi masyarakat, untuk bersama-sama menjaga kamtibmas.

Dia menyebut, peran TNI-Polri melalui Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam wilayah pos kamling adalah mengontrol, mendatangi dan melihat peran dari masyarakat di pos tersebut.

"Harapannya, dengan mengaktifkan lagi satkamling di lingkungan masing-masing maka bisa mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Gunung Mas," demikian Asep.

Baca juga: Meriahkan Hardiknas, Pemkab Gumas gelar Lomba voli