Mampu bersaing, Pemda se-Kalteng diminta optimalkan promosi objek wisata

id Anggota DPRD Kalimantan Tengah, Achmad Amur, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah, objek wisata di kalteng

Mampu bersaing, Pemda se-Kalteng diminta optimalkan promosi objek wisata

Anggota DPRD Kalimantan Tengah Achmad Amur. ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kalimantan Tengah Achmad Amur menilai objek wisata, baik sungai dan alam di provinsi ini tidak kalah indah bahkan mampu bersaing dengan daerah lain yang di Indonesia.

Sekarang ini tinggal bagaimana pemerintah daerah se-Kalteng mampu menggali dan mendesain berbagai objek wisata tersebut menarik para wisatawan domestik maupun mancanegara, kata Amur di Palangka Raya, kemarin.

"Tak kalah penting, promosi terhadap berbagai objek wisata yang ada di Kalteng harus lebih digencarkan dan dioptimalkan," tambahnya.

Menurut wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau itu, pemda se-Kalteng perlu bercermin sekaligus mencontoh provinsi lain yang telah berhasil mengemas destinasi wisata dan jasa pelayanan secara optimal, sehingga mampu menarik minat wisatawan mancanegara untuk berkunjung.

Dia mengatakan, sekarang ini hampir semua Pemda di Indonesia memberikan perhatian serius terhadap objek wisata, bahkan sampai membuat berbagai event yang mampu menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara datang ke wilayahnya masing-masing.

"Kalau di Kalteng kan objek wisata relatif banyak, ada sungai, air terjun, alam ataupun hutan, kawasan konservasi orangutan, hingga seni dan budaya yang sangat indah sekaligus menarik. Jadi, tinggal dioptimalkan saja, agar menarik para wisatawan," ucap Amur.

Baca juga: Cegah Karhutla, masyarakat Palangka Raya diminta hati-hati menggunakan api

Mantan Bupati Pulang Pisau dua periode itu menyebut, dampak positif pengoptimalan objek wisata sangat besar bagi pemda maupun masyarakat di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini. Di mana, objek wisata itu dapat mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD), membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan perekonomian masyarakat, termasuk menciptakan lebih banyak pelaku UMKM.

"Jika Pemda se-Kalteng mampu menjadikan sistem pengelolaan pariwisata lebih optimal dari saat ini, maka dipastikan bahwa Kalteng akan mendapatkan keuntungan dari sektor kepariwisataan, terutama dari segi peningkatan PAD," demikian Amur.

Baca juga: Waket II DPRD Kalteng minta pemda bersinergi dan saling mendukung

Baca juga: Legislator Kalteng minta pemprov bantu optimalkan perbaikan jalan di Pulpis

Baca juga: Cuaca semakin panas, pemda se-Kalteng diminta waspadai karhutla