BPBD Mura rencanakan bentuk Desa Tangguh Bencana

id Desa Tangguh Bencana

BPBD Mura rencanakan bentuk Desa Tangguh Bencana

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Murung Raya Fitrianul Fahriman (Antara Foto/HO/Supriadi)

Murung Raya (ANTARA) - Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Murung Raya Fitrianul Fahriman berencana membentuk tim penanggulan bencana ditingkat Kecamatan, Desa/Kelurahan yang disebut dengan Desa Tangguh Bencana (Destana)

Hal itu ia ungkapkan saat menyampaikan laporan pada acara peresmian kantor BPBD yang baru, Kamis (11/5).

“Target kami pada tahun 2023 ini paling tidak kami bisa terbentuk 15 destana diwilayah kabupaten Murung Raya” tutur Kariadi.

15 Desa tersebht berdasarkan hasil identifikasi, hasil pemetaan beberapa Desa oleh BPBD Murung Raya yang mana rawan kebakaran hutan dan lahan maupun kebakaran pemukiman maka itulah yang akan membentuk tim destana.

“Harapan kami juga ada pendampingan dari pihak swasta untuk bisa melengkapi peralatan pemadaman kebakaran” harap Kalaksa BPBD.

Dan untuk tim Desatana sendiri kata Fitrianul Fahriman akan dilatih oleh pihak BPBD Murung Raya “kami akan turun nanti untuk melatih anggota - anggota yang tergabung dalam destana ini dan tentu saja kerjasama dan pendampiangan dari pihak Kecamatan sangat kami perlukan” ungkapnya.

Sebab jelasnya ada beberapa Desa yang jarak antar Desa dan BPBD Murung Raya cukup jauh sehingga apabila terjadi kebakaran di Desa tersebut kemungkinan api akan sangat cepat melahap rumah warga hingga habis karena jarak tempuh armada atau mobil pemadam kebakaran BPBD ke Desa yang jauh.

“Contohnya kebakaran yang baru saja terjadi beberapa bulan terakhir di Desa mangkahui, beruntung ada tim pemadam kebakaran dari Kecamatan Tanah Siang Selatan yang sebelumnya sempat kami latih turun cepat memadamkanya lebih dulu datang dari armada BPBD Murung Raya kerana jarak nya yang jauh” jelas Fitrianul Fahrimah yang sebelumnya pernah menjabat sebagi Camat Murung.

Terakhir ia juga berterimakasih kepada Perusahaan Indo Muro Kencana (IMK) yang berada dekat dengan Desa mangkahui mereka dua kali kebakaran disana tim pemadam dari IMK juga turt membantu bahu membahu ikut memadamkan kebakaran di Desa mangkahui.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph, anggota DPRD Murung Raya Heriyus M. Yoseph, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Danramil 1013/07 Letda Arh Supriyatna, dan tamu undangan lainnya