Palangka Raya kirimkan 162 peserta pada FBIM 2023

id fbim palangka raya,kontingen palangka raya,kalteng,festival budaya isen mulang

Palangka Raya kirimkan 162 peserta pada FBIM 2023

Kepala Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kota Palangka Raya, Iin Hendrayati Idris melepas kontingen FBIM 2023 di Palangka Raya, Minggu (21/5/2023). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, mengirimkan 162 peserta pada ajang Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2023 yang digelar di Kota Palangka Raya pada 22-27 Mei 2023.

"Tahun ini Kota Palangka Raya mengirimkan 162 peserta terdiri dari panitia, official dan peserta lomba. Mereka akan mengikuti 18 cabang lomba pada FBIM 2023 yang berlangsung pada 22-27 Mei 2023," kata Kepala Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kota Palangka Raya, Iin Hendrayati Idris di Palangka Raya, Minggu.

Dia mengatakan, setiap pergelaran FBIM, Pemerintah "Kota Cantik" selalu berpartisipasi penuh dengan target mempertahankan juara umum atau menjadi yang terbaik diantara seluruh peserta yang ada.

Wanita berhijab ini menambahkan, selain untuk meraih juara umum, keikutsertaan Pemerintah Ibu Kota Provinsi Kalteng ini juga sebagai upaya melestarikan seni budaya tradisional. Kemugian juga mengasah dan mengembangkan kemampuan peserta pada berbagai macam lomba tradisional yang dilombakan.

Melalui kegiatan ini, Iin pun berharap, berbagai dan seni budaya di Kota Palangka Raya tetap lestari. Peserta dapat menunjukkan penampilan yang maksimal sehingga bisa mempertahankan prestasi juara umum yang kita raih pada tahun sebelumnya.

"Kami Ucapkan banyak terima kasih kepada panitia, official, seniman dan budayawan Kota Palangka Raya yang turut berpartisipasi dalam FBIM tahun 2023 ini," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalimantan Tengah Adiah Chandra Sari menyatakan berbagai rangkaian kegiatan menarik dan spektakuler disiapkan untuk menyemarakkan FBIM 2023.

Mulai dari pertunjukkan seni tari oleh 500-600 orang yang akan di catat rekor MURI, karnaval budaya, lomba-lomba tradisional, Festival Kuliner Nusantara, serta berbagai agenda menarik lainnya.

FBIM merupakan salah satu agenda pariwisata di Kalimantan Tengah yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 yang dimiliki Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Adiah mengadakan, festival budaya ini kian semarak karena melibatkan peserta dari seluruh kabupaten dan kota se-Kalimantan Tengah, sehingga wisatawan yang datang pun biasanya tak hanya domestik namun juga mancanegara.

FBIM menjadi salah satu agenda yang memberikan motivasi untuk meningkatkan peran serta berbagai pihak, tak hanya pelaku seni dan budaya, namun juga masyarakat maupun dunia usaha dalam pembangunan sektor kebudayaan dan pariwisata.

Berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya, FBIM 2023 ini diselenggarakan dengan konsep baru. Jika biasanya pembukaan dirangkai dengan karnaval budaya, maka rencananya tahun ini akan dilakukan terpisah.