Persiapan sudah dilakukan, pelantikan Pj Bupati Barsel dan Kobar akhirnya ditunda

id Pemprov kalteng, mendagri, menteri dalam negeri, pelantikan pj bupati barsel dan kobar ditunda, pj bupati ditolak, penolakan penjabat bupati barsel da

Persiapan sudah dilakukan, pelantikan Pj Bupati Barsel dan Kobar akhirnya ditunda

Sekda Kalteng Nuryakin (dua dari kiri) beserta jajaran menyampaikan keterangan kepada awak media terkait penundaan pelantikan Pj Bupati Barito Selatan dan Kotawaringin Barat di Palangka Raya, Senin, (22/5/2023). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan persiapan pelantikan Penjabat Bupati Barito Selatan dan Kotawaringin Barat sudah mencapai hingga 95 persen, namun pada akhirnya harus dilakukan penundaan.

Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Nuryakin di Palangka Raya, Senin, menegaskan, Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah merupakan wakil pemerintah pusat di daerah serta tunduk dan patuh terhadap keputusan pemerintah pusat yakni Kementerian Dalam Negeri.

"Hanya saja gubernur juga harus memerhatikan kearifan lokal karena adanya riak-riak protes masyarakat Dayak, baik yang disampaikan secara langsung maupun tidak langsung," jelasnya.

Untuk itu Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah sepakat melakukan koordinasi dengan jajaran Forkopimda dan para tokoh untuk mendengarkan masukan terkait hal itu.

Selain itu, gubernur juga tidak ingin karena adanya penolakan tersebut, Hari Jadi ke-66 Kalimantan Tengah pada 23 Mei 2023 (besok) diwarnai aksi demo atau menggugat terhadap keputusan Mendagri terkait Pj Bupati Barito Selatan dan Kotawaringin Barat.

Untuk mengisi kekosongan jabatan bupati di Kabupaten Barito Selatan dan Kotawaringin Barat, maka ditunjuk Pelaksana Harian Bupati, yakni untuk Barito Selatan adalah Sekretaris Daerah Barito Selatan Edy Purwanto, sedangkan untuk Kotawaringin Barat adalah Sekretaris Daerah Kotawaringin Barat Juni Gultom.

"Apabila Gubernur menganggap kondisi kamtibmas dan situasi politik sudah aman, maka pelantikan Pj Bupati Barito Selatan dan Kotawaringin Barat beserta Ketua PKK akan dilakukan pada kesempatan pertama," terang Sekda Nuryakin.

Baca juga: Kalteng Expo 2023 resmi berakhir, omzet capai Rp7 miliar

Adapun informasinya Penjabat Bupati Barito Selatan yang sebelumnya akan dilantik pada hari ini adalah Deddy Winarwan, sedangkan Penjabat Bupati Kotawaringin Barat adalah Budi Santosa. Keduanya merupakan pejabat yang berasal dari pemerintah pusat.

Sementara itu, sebelumnya Masyarakat Peduli Pemimpin Putra Daerah (MP3D) menyampaikan penolakan terhadap pelantikan Pj Bupati Barito Selatan dan Kotawaringin Barat yang akan dilaksanakan pada hari ini.

Salah seorang perwakilan MP3D, Adhie menyampaikan, kegiatan yang pihaknya lakukan, merupakan aksi damai yakni penyampaian tuntutan terhadap Mendagri yang akan disampaikan melalui gubernur, ketua DPRD dan lainnya.

Dia mengatakan, salah satu yang menjadi pertanyaan pihaknya, apakah tidak ada orang di Kalimantan Tengah yang memenuhi kriteria sebagai penjabat bupati.

"Dan kita menghargai yang namanya otonomi daerah, kita ingin daerah kita ini tetap putra daerah Kalimantan Tengah yang memimpin," jelasnya.

MP3D menginginkan Menteri Dalam Negeri meninjau kembali penetapan penjabat bupati pada hari ini, baik untuk Barito Selatan maupun Kotawaringin Barat.

Baca juga: Pemprov Kalteng berikan layanan pemutihan pajak kendaraan bermotor 2023

Baca juga: Disdukcapil berikan layanan pendaftaran IKD di Kalteng Expo