Bupati Pulang Pisau ingatkan Karang Taruna miliki peran wujudkan pemuda berkualitas

id Bupati Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Pudjirustaty Narang, Pulang Pisau, karang taruna, karang taruna kalteng, karang taruna pulang pisau

Bupati Pulang Pisau ingatkan Karang Taruna miliki peran wujudkan pemuda berkualitas

Temu Karya Karang Taruna Kabupaten Pulang Pisau 2023 yang dilaksanakan di Aula Dinas Sosial setempat pada Rabu (14/6/2023). ANTARA/HO-KT Pulang Pisau. 

Pulang Pisau (ANTARA) - Bupati Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Pudjirustaty Narang  melalui staf ahli bidang Pembangunan, Hukum dan Politik, Iwan Hermawan mengingatkan bahwa Karang Taruna memiliki peran strategis sebagai salah satu mitra pemerintah, yang tugasnya membantu kepengurusan dalam memberdayakan pemuda di perkotaan hingga pedesaa.

"Jadi, mari kita wujudkan pemuda yang berkualitas, memiliki keterampilan, kreatif, dan inovatif, serta berdedikasi untuk 
memajukan desa dan pembangunan di kabupaten setempat," kata Iwan di Pulang Pisau, kemarin.

Untuk itu, diharapkan Temu Karya Karang Taruna Kabupaten Pulang Pisau 2023 yang telah dibuka, Rabu (14/6/2023), dapat menghasilkan keputusan yang terbaik bagi seluruh warga Karang Taruna di wilayah setempat, serta dapat membawa angin segar menuju perubahan organisasi yang lebih baik dan berkualitas dengan memperluas manfaatnya bagi masyarakat. 

Iwan mengatakan bahwa Bupati Pulang Pisau telah mengucapkan terimakasih kepada organisasi perangkat daerah, camat, dan kepala desa di lingkungan pemerintah setempat, yang telah memberikan ruang kepada para pemuda untuk berkarya di dalam wadah Karang Taruna.

"Saya juga mengajak organisasi-organisasi kepemudaan dan sosial kemasyarakatan lainnya untuk bersama-sama membangun Kabupaten Pulang Pisau dalam mengentaskan berbagai permasalahan sosial  sesuai peran dan bidangnya masing-masing," paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Eknamensi Tawun menyampaikan bahwa Karang Taruna merupakan sebuah organisasi sosial nonpartisan sebagaimana telah diamanatkan dalam Permensos No 25 Tahun 2019. Karang Taruna merupakan organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk generasi muda.

Karang Taruna, lanjut dia, juga memiliki peran penting dalam pembangunan masyarakat terutama pada peningkatan potensi dan peran aktifnya generasi muda dalam pembangunan. 

"Jadi, kami berharap berharap warga Karang Taruna menjadi pekerja keras, patriot, dan pahlawan nasional dengan kerja nyata dan karya bakti dalam menyelesaikan setiap persoalan-persoalan sosial yang terjadi di tengah masyarakat," kata Eknamensi.

Baca juga: Distan tegaskan Pulang Pisau mampu penuhi kebutuhan hewan kurban

Pelaksanaan Temu Karya ini sebagai agenda tertinggi dalam organisasi Karang Taruna, sebagai langkah awal guna menggairahkan dan menghidupkan serta membawa organisasi ini ke arah lebih baik. Karang Taruna harus bisa menggali, mengembangkan serta mencarikan solusi terhadap setiap permasalahan kesejahteraan sosial, perekonomian, serta penguatan integritas dan moral anak bangsa dan menjadi organisasi yang benar-benar memiliki dampak positif dalam kehidupan masyarakat.

Terpilih sebagai ketua dalam Temu Karya Karang Taruna Kabupaten Pulang Pisau 2023 adalah Adi Waskito. Delegasi delapan kecamatan yang hadir dan dimandatkan oleh pemerintah kecamatan ini secara aklamasi memilih Adi Waskito sebagai ketua untuk kembali membawa Karang Taruna ke arah yang lebih baik lagi dan berjalan sinergis bersama pemerintah setempat. 

Baca juga: Pulang Pisau belum miliki TPS induk

Baca juga: 58 JCH Pulang Pisau tergabung dalam kloter 7

Baca juga: Kalteng usulkan rekayasa cuaca dan helikopter pengeboman air