Legislator: Pemkot Palangka Raya maksimalkan fungsi drainase cegah banjir

id DPRD Palangka Raya, Sigit Wido,Kalteng,pemkot palangka raya,maksimalkan fungsi drainase cegah banjir

Legislator: Pemkot Palangka Raya maksimalkan fungsi drainase cegah banjir

Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Widodo (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit Widodo meminta pemerintah setempat untuk memaksimalkan fungsi drainase untuk mencegah terjadinya banjir atau genangan air di wilayahnya. 

"Beberapa hari terakhir hujan deras turun di Kota Palangka Raya, dan beberapa ruas jalan tergenang setelah hujan tersebut karena fungsi drainase yang tidak maksimal," kata Sigit di Palangka Raya, Jumat.

Baca juga: DPRD minta pemerintah tingkatkan kesiagaan hadapi musim kemarau

Ia mengatakan, dari pantauannya dibeberapa lokasi yang tergenang setelah hujan deras di Kota Palangka Raya, yakni di daerah Jalan Tilung, dr. Murjani, dan sebagian Jalan Tjilik Riwut dan wilayah lainnya. 

"Pihak terkait seperti Dinas PUPR dan Lingkungan hidup bisa mengawasi dan memperbaiki jika ada drainase yang rusak, sehingga dapat berfungsi dengan baik untuk bisa mengalirkan air guna mencegah banjir atau genangan air setelah hujan," kata Politisi PDI Perjuangan itu.

Baca juga: Ketua DPRD minta pemerintah perketat pengawasan hewan kurban

Sigit juga menekankan, agar perlunya pengawasan dilakukan secara berkala oleh dinas terkait dengan terjun langsung memastikan drainase bisa berfungsi maksimal dalam mencegah banjir di perkotaan. 

"Harus dilakukan pemeliharaan secara rutin untuk memastikan bahwa saluran drainase berfungsi dengan baik, sehingga tidak menimbulkan banjir maupun genangan air," ucap anggota Komisi C yang membidangi kesejahteraan masyarakat tersebut. 

Baca juga: DPRD dorong inovasi peningkatan ekonomi kerakyatan

Selain itu, Sigit juga meminta peran masyarakat dalam ikut menjaga fasilitas drainase yang ada, dengan tidak merusak, membangun bangunan di atasnya yang bisa membuat drainase tersebut tidak berfungsi. 

"Kita harus sama-sama menjaga fasilitas yang ada, apalagi itu untuk kepentingan dan kenyamanan masyarakat bersama, misalnya dengan tidak membuang sampah ke drainase," minta Sigit.

Baca juga: Legislator minta masyarakat agar selalu waspada bencana kebakaran

Dia menambahkan, peran drainase di perkotaan merupakan fungsi utama untuk mencegah tergenangnya air pada lahan perkotaan maupun di dalam saluran-saluran yang ada. 

"Kalau drainase berfungsi dengan baik, maka aliran air karena hujan pun akan lancar dan cepat, sehingga tidak terjadi genangan-genangan air di ruas jalan," demikian Sigit Widodo. 

Baca juga: DPRD mewajibkan sekolah di Palangka Raya masukkan pelajaran PPKN

Baca juga: Legislator dorong masjid menjadi tempat ramah anak