Anggota DPRD apresiasi Pemdes Lemo I rembuk stunting

id rembuk stunting lemo,desa lemo 1,teweh tengah,barito utara,kalteng,mustafa joyo muchtar,dprd barito utara

Anggota DPRD apresiasi Pemdes Lemo I rembuk stunting

Kecamatan Teweh Tengah dan Pemerintah Desa (Pemdes) Lemo I, serta Puskesmas Lemo melaksanakan rembuk stunting di desa setempat, Rabu (31/5/2023).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Mustafa Joyo Muchtar mengapresiasi Kecamatan Teweh Tengah dan Pemerintah Desa (Pemdes) Lemo I, serta Puskesmas Lemo melaksanakan rembuk stunting di desa setempat

“Masalah stunting ini masih menjadi perhatian secara nasional yang perlu mendapatkan penanganan guna percepatan penurunan stunting di wilayah Kabupaten Barito Utara khususnya,” kata anggota DPRD Barito Utara Mustafa Joyo Muhtar di Muara Teweh, Kamis.

Menurut dia, seperti apa yang dilaksanakan Pemdes Lemo I dan Kecamatan Teweh Tengah yang melaksanakan rapat rembuk stunting. 

“Ini merupakan salah satu perhatian pemerintah untuk penanganan guna percepatan penurunan stunting khususnya di Desa Lemo I,” katanya.

Ia juga mengatakan dengan dilaksanakannya rembuk stunting tersebut pihak Pemdes Lemo I, puskesmas dan pihak terkait dapat bersama-sama barbagi data untuk menyatukan gerakan dalam penanganan stunting ke depannya.

Di mana, kata dia, desa merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan, kader RDS, KPM, kader Posyandu serta tenaga kesehatan harus mampu memberikan edukasi dan mengarahkan masyarakat untuk memiliki pola pikir hidup sehat dan maju. 

Diungkapkannya dengan dilaksanakannya rembuk stunting tersebut diharapkan para petugas kesehatan di puskesmas dalam berkomunikasi kepada masyarakat lebih terampil lagi dan mengimplementasikan pengetahuan orientasi komunikasi antar pribadi dalam menjelaskan konsep kesehatan. 

“Sehingga masyarakat mudah menerima dan mengerti apa yang disampaikan oleh petugas kesehatan utamanya dalam menjelaskan perilaku prioritas percepatan pencegahan stunting," ujarnya.