Legislator Palangka Raya nilai Rainforest Festival menjadi sarana strategis mengedukasi masyarakat

id Dprd palangka raya, rusdiansyah, bnf, borneo nature foundation, rainforest festival, hutan hujan, hutan tropis, palangkaraya

Legislator Palangka Raya nilai Rainforest Festival menjadi sarana strategis mengedukasi masyarakat

Para pelajar saat mengunjungi miniatur hutan hujan pada Rainforest Festival 2023 di Kota Palangka Raya, Kamis (22/6/2023). (ANTARA/HO-BNF)

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Palangka Raya, Kalimantan Tengah Rusdiansyah mengapresiasi kegiatan pengenalan hutan tropis untuk masyarakat dan pelajar yang dilaksanakan di kota setempat.

"Tentu itu sangat bagus sebagai salah satu sarana edukasi kepada masyarakat dan pelajar agar lebih peduli terhadap lingkungan," katanya di Palangka Raya, Jumat. 

Apalagi dalam menghadapi musim kemarau, kegiatan edukasi ini menjadi kian penting sehingga masyarakat mengetahui keanekaragaman hayati apa saja yang ada di dalam hutan tropis tersebut. Hal ini akan membantu meningkatkan kesadaran untuk menjaga lingkungan dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 

"Dengan mereka mengetahui flora dan fauna apa saja yang hidup di hutan, tentu itu akan menyadarkan masyarakat akan pentingnya hutan bagi keberlangsungan makhluk hidup yang ada di dalam dan bagi kita semua," ujarnya yang merupakan Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya tersebut.

Baca juga: BNF bawa suasana tiga tipe hutan ke dalam Kota Palangka Raya

Selain itu, masyarakat akan mengetahui apa saja dampak-dampak yang akan terjadi apabila hutan mengalami kerusakan akibat ulah oknum-oknum tidak bertanggung jawab, seperti pembakaran hutan maupun penebangan liar. 

"Kita berharap masyarakat bisa memanfaatkan kegiatan ini. Mengisi waktu luang sambil mendapatkan ilmu yang bermanfaat tentang kepedulian terhadap lingkungan," harap Politisi Partai Kebangkitan Bangsa tersebut. 

Borneo Nature Foundation (BNF) menyajikan suasana tiga tipe hutan tropis atau hujan dalam bentuk miniatur pada gelaran Rainforest Festival dalam rangka perayaan Hari Hutan se-dunia yang dilaksanakan 21-25 Juni 2023.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Palangka Raya, Achmad Zaini mengatakan dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa menumbuhkan rasa melindungi terhadap lingkungan dari ancaman-ancaman kerusakan. 

"Kegiatan ini sebagai sarana edukasi, dan untuk menambah kesadaran manfaat akan pentingnya hutan untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan nanti," demikian Achmad Zaini. 

Baca juga: Kalteng Putra target tembus Liga 1 Indonesia musim 2023/2024

Baca juga: Kapolresta Palangka Raya kukuhkan 159 Polisi RW

Baca juga: Disdik Palangka Raya: Manfaatkan libur sekolah dengan hal positif