Retail di Palangka Raya diminta tingkatkan kewaspadaan terhadap aksi perampokan

id Sigit Widodo, DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah

Retail di Palangka Raya diminta tingkatkan kewaspadaan terhadap aksi perampokan

Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit Widodo. ANTARA/Adi Wibowo 

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit Widodo meminta kepada seluruh toko retail atau mini market serta lain sebagainya agar meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi tindak kejahatan perampokan. 

"Aksi kejahatan perampokan di mini market modern beberapa waktu lalu terjadi di Palangka Raya, itu artinya pengelola toko retail, mini market serta lain sebagainya dapat meningkatkan keamanan terkait hal tersebut," katanya saat dihubungi di Palangka Raya. 

Menurutnya, meskipun tidak ada korban jiwa dalam kejadian yang menimpa salah satu toko retail di daerah setempat, alangkah baiknya wajib di pasang kamera Closed Circuit Television (CCTV). 

Dengan memasang CCTV di setiap sudut toko retail, tentunya pelaku kejahatan yang hendak melancarkan aksinya atau merampok uang hasil penjualan toko tersebut, saat hendak menyelidiki si pelaku mudah dikenali. 

"Saran saya pengelola toko retail ini seharusnya menempatkan petugas keamanan atau satpam, sehingga toko retail yang bukanya sampai larut malam dapat dipantau sehingga pelaku kejahatan tidak mudah melancarkan aksinya," ucapnya. 

Legislator Palangka Raya yang tergabung di Komisi C itu juga meminta, kepada kepolisian di daerah setempat untuk terus meningkatkan jam patroli ke sejumlah titik yang dianggap rawan tindak kejahatan, bahkan toko-toko ritel yang ada di Palangka Raya. 

Dengan adanya patroli yang rutin, tentunya aksi kejahatan yang sangat membahayakan itu tidak akan terjadi di wilayah daerah yang berjuluk 'Kota Cantik' ini. 

"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat harus bahu membahu dalam menjaga keamanan dan ketertiban di daerah kita. Jangan sampai pelaku kejahatan mudah melancarkan aksinya, sehingga membuat resah masyarakat," bebernya. 

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Palangka Raya itu menambahkan, pihaknya juga meminta jajaran Polresta Palangka Raya dapat mengungkap aksi perampokan yang terjadi di salah satu toko retail di wilayah hukumnya. 

Sebab pelaku yang terekam CCTV sangat sadis, saat melancarkan aksinya itu pelaku membawa sebilah senjata tajam dan sempat menodongkan senjata tajam itu ke arah pegawai toko retail tersebut hanya untuk mengambil uang hasil jualan di toko itu. 

"Harapan kami semoga saja pelaku kejahatan yang kini diduga dalam penyelidikan kepolisian setempat, dapat tertangkap sehingga bisa membuat efek jera pelaku-pelaku lainnya yang saat ini diduga masih berkeliaran di daerah kita," demikian Sigit Widodo.