Disperpusip Kalteng sediakan layanan perpustakaan keliling pada libur Idul Adha

id Pemprov kalteng, disperpusip kalteng, dinas perpustakaan dan arsip, perpustakaan keliling, libur idul adha, pahandut seberang, minat baca, literasi, p

Disperpusip Kalteng sediakan layanan perpustakaan keliling pada libur Idul Adha

Pelayanan Mobil Perpustakaan Keliling di kawasan Pahandut Seberang, Palangka Raya, (30/6/2023). (ANTARA/HO-Disperpusip Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip) Provinsi Kalimantan Tengah menyediakan layanan mobil perpustakaan keliling pada masa libur Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah untuk masyarakat.

"Kegiatan ini untuk mengisi waktu liburan anak-anak agar tetap terhubung dengan media-media literasi, seperti halnya buku yang ada di mobil perpustakaan keliling," terang Kepala Disperpusip Kalteng Nunu Andriani, sebagaimana disampaikan Kepala Bidang Layanan, Kerjasama dan TI Perpustakaan, Kuntep Berkat Asi di Palangka Raya, Sabtu.

Dia mengatakan, salah satu lokasi yang menjadi sasaran pelayanan dari mobil perpustakaan keliling adalah di sekitar Kota Palangka Raya, seperti melayani anak-anak di Jalan Pantai Cemara Labat 2, Pahandut Seberang. Pelayanan di kawasan Pahandut Seberang ini dilaksanakan selama tiga hari, dimulai sejak 30 Juni hingga 2 Juli 2023.

Mobil yang berisi ratusan koleksi buku miliki Disperpusip Kalimantan Tengah ini parkir di kawasan yang sering dijadikan anak-anak sebagai tempat bermain, termasuk warga Palangka Raya lainnya yang ingin menghabiskan waktu di daerah tepian Jembatan Kahayan saat sore hari. 

Dalam kegiatan pelayanan tersebut, pihaknya berkolaborasi bersama Duta Baca Kota Palangka Raya dan Komunitas Motor XSR Brotherhood yang mendukung suksesnya kegiatan.

Baca juga: Pasca Idul Adha harga pangan strategis di Kalteng stabil

Tampak selama pelayanan mobil perpustakaan keliling dilakukan, puluhan anak-anak dengan gembira menikmati cerita dan membaca buku sembari sesekali melakukan permainan berhadiah camilan makanan ringan yang telah disediakan.

"Kami (Disperpusip) terbuka dengan berbagai komunitas yang ingin bermitra dalam melaksanakan pelayanan perpustakaan keliling ini, seperti halnya dalam kegiatan kali ini," tuturnya.

Adapun tujuan layanan perpustakaan keliling, di antaranya melaksanakan pemerataan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat hingga daerah terpencil maupun yang belum didirikan perpustakaan menetap.

Selain itu, memperkenalkan jasa perpustakaan kepada masyarakat, sehingga tumbuh budaya untuk memanfaatkan jasa perpustakaan di tengah masyarakat, memperkenalkan buku-buku dan bahan pustaka lainnya kepada masyarakat, membantu perpustakaan umum dalam mengembangkan pendidikan informal kepada masyarakat, hingga meningkatkan minat baca masyarakat.

Baca juga: Realisasi penyaluran bantuan pangan CBP Kalteng capai 100 persen

Baca juga: Disdagperin Kalimantan Tengah ajak pelaku IKM manfaatkan klinik konsultasi

Baca juga: Gubernur Kalteng: Idul Adha momentum tingkatkan kepedulian kepada sesama