Kemenkumham Kalteng laksanakan penilaian kompetensi potensi pegawai

id Kemenkumham Kalteng laksanakan penilaian kompetensi potensi pegawai, kalteng, Palangka raya, kemenkumham kalteng

Kemenkumham Kalteng laksanakan penilaian kompetensi potensi pegawai

Pembukaan Penilaian Kompetensi dan Potensi dalam rangka Pemetaan Jabatan bagi Pegawai Kementerian Hukum dan HAM yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya, Senin (3/7/2023). ANTARA/HO-Kanwil Kemenkumham Kalteng

Palangka Raya  (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah (Kemenkumham Kalteng) melaksanakan kegiatan penilaian kompetensi dan potensi dalam rangka pemetaan jabatan bagi pegawai setempat.

"Pemetaan jabatan merupakan proses yang krusial dalam memastikan penempatan pegawai yang tepat sesuai dengan kompetensi dan potensi yang dimiliki," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Kalteng, Hendra Eka Putra di Palangka Raya, Senin,

Menurut Hendra, penilaian kompetensi perlu dilakukan sebagai salah satu proses membandingkan kompetensi yang dimiliki Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan kompetensi jabatan yang dipersyaratkan.

Dia menambahkan, dengan pemetaan yang akurat, pimpinan utama dapat memaksimalkan peran dan kontribusi masing-masing pegawai Kanwil Kemenkumham Kalteng.

"Hasil pemetaan jabatan dan kompetensi pegawai dapat digunakan sebagai sumber data dalam pengembangan sumber daya manusia Kementerian Hukum dan HAM yang sistematis, terukur, dan akuntabel," katanya.

Dia berharap penilaian kompetensi yang dilaksanakan untuk mencari orang tepat di tempat tepat pada waktu yang tepat atau "the right man in the right place" ini bisa diwujudkan secara optimal.

Baca juga: Kemenkumham Kalteng-Pemkab Barito Utara bersinergi bangun UKK

Lebih lanjut Kakanwil menyampaikan dilaksanakannya penilaian kompetensi dan potensi ini tidak hanya memberikan manfaat bagi individu, tetapi juga untuk kemajuan organisasi secara keseluruhan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia baik pusat maupun daerah serta semua pihak yang telah bekerja keras dalam melaksanakan kegiatan penilaian kompetensi dan potensi ini," katanya.

Pernyataan itu diungkapkan dia saat pembukaan Penilaian Kompetensi dan Potensi dalam rangka Pemetaan Jabatan bagi Pegawai Kementerian Hukum dan HAM yang dilaksanakan di lingkungan Kantor Kanwil setempat.

Pada kegiatan yang, dimulai dengan arahan dari tim BKN, turut hadir pada pembukaan itu Kepala Divisi Administrasi Nur Azizah Rahmanawati, Kepala Divisi Keimigrasian Arief Munandar dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Arfan Faiz Muhlizi.

Kemudian Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT), Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Pejabat di Jabatan Fungsional Umum (JFU) dan Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) serta peserta Ujian Kompetensi (Ukom).

Baca juga: Kemenkumham Kalteng supervisi penyusunan pagu indikatif 2024

Baca juga: Kemenkumham: MPWN tingkatkan pengawasan notaris cegah pencucian uang

Baca juga: Imigrasi Sampit raih penghargaan Pelayanan Publik Berbasis HAM