DPRD Kalteng minta pemda lebih optimal dukung pendanaan PMI

id Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah, Kuwu Senilawati, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah

DPRD Kalteng minta pemda lebih optimal dukung pendanaan PMI

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng Kuwu Senilawati. ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah Kuwu Senilawati mengapresiasi prestasi kontingen Palang Merah Indonesia provinsi ini, yang berhasil menjadi juara ke-2 dalam JUMBARA PMR Tingkat Nasional IX Tahun 2023 di Taman Agro Wisata Way Handak Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Prestasi itu menunjukkan bahwa seluruh pengurus PMI dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota telah bekerja keras dan maksimal dalam melakukan pembinaan terhadap remaja tergabung dalam Palang Merah remaja (PMR) di daerah ini, kata Kuwu usai menyambut kedatangan kontingen PMI dan PMR Kalteng di Bandara Tjilik Riwut, Senin.

"Jadi, remaja di Kalteng tidak kalah dalam hal kegiatan kemanusiaan melalui PMR dari provinsi lain," ucapnya.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas itu pun menyarankan kepada pemerintah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, agar memberikan dukungan secara optimal terhadap pendanaan terhadap PMI.

Dia mengatakan dukungan pendanaan itu akan semakin memudahkan dan mengoptimalkan pembinaan PMI terhadap PMR di seluruh provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini. Dengan begitu, PMR di Kalteng bisa semakin berprestasi dalam berbagai bidang kemanusiaan.

"Kami berharap ke depan bantuan dana untuk PMI di semua tingkatan bisa terus di tingkatkan. Sebab semua kegiatan dan pembinaan tidak terlepas dari dukungan dana yang memadai," kata Kuwu.

Baca juga: Legislator Kalteng harapkan perusahaan realisasikan tuntutan masyarakat terkait plasma

Menurut Anggota Fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini, pembinaan remaja melalui PMR juga akan memberikan dampak positif terhadap generasi muda yang berjiwa sosial, disiplin dan berprestasi.

"Untuk itu, semua tidak terlepas dari dana pembinaan yang cukup. Kami harapkan baik pemprov, pemkab dan pemko terus meningkatkan bantuan bagi PMI dan PMR di daerah masing-masing," demikian Kuwu.

Baca juga: DPRD Kalteng minta program stunting dipantau dan dievaluasi

Baca juga: DPRD Kalteng minta pengerjaan jalan ke Palabuhan Bahaur dipercepat

Baca juga: Legislator Kalteng anggap larangan ekspor bauksit mentah menguntungkan