Ormas di Kotim diminta ikut mengawasi pemilu

id Ormas di Kotim diminta ikut mengawasi pemilu, kalteng, sampit, kotim, Kotawaringin Timur, muhammad saleh

Ormas di Kotim diminta ikut mengawasi pemilu

Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur, Muhamad Saleh saat membuka sosialisasi organisasi kemasyarakatan atau ormas tahun 2023 demi suksesnya pemilu dan pilkada 2024, Senin (17/7/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah meminta organisasi kemasyarakatan (ormas) yang ada di daerah ini turut menyukseskan Pemilu Serentak 2024 nanti dengan ikut mengawasi pelaksanaannya. 

"Saya berharap seluruh ormas bisa menggali apa-apa berkaitan dengan pelaksanaan pemilu tahun 2024 sehingga yang kita harapkan dan cita-citakan bahwa pelaksanaan pemilu di Kabupaten Kotawaringin Timur yang aman, damai dan harmonis, bisa terlaksana," ujar Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur, Muhamad Saleh di Sampit, Senin. 

Hal itu disampaikan Saleh saat membuka sosialisasi organisasi kemasyarakatan atau ormas tahun 2023 dengan tema optimalisasi fungsi ormas dalam rangka mendukung keberhasilan Pemilu dan Pilkada 2024 yang aman, damai dan harmonis di Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Partisipasi ormas untuk menyukseskan pemilu bisa dilakukan dengan turut menjaga kondusivitas daerah, menggunakan hak pilih, serta mencegah tindakan-tindakan yang melanggar aturan terkait pemilu. 

Untuk itu, penting bagi pengurus dan anggota ormas untuk menambah ilmu pengetahuan melalui sosialisasi ini sehingga mengetahui dan memahami betul peraturan terkait pemilu. 

Pemerintah daerah mengucapkan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh ormas yang mengikuti kegiatan ini. Hal-hal penting diharapkan bisa diterapkan dalam turut menyukseskan pelaksanaan pemilu 2024.

Baca juga: BGA Group dan Polres Kotim gelar bazar sembako murah bantu masyarakat desa

Saleh menekankan, organisasi kemasyarakatan sebagai mitra pemerintah hendaknya ikut berkolaborasi mengawasi pelaksanaan Pemilu dan Pilkada tahun 2024 di Kabupaten Kotawaringin Timur sehingga terwujud dengan aman, damai dan harmonis. 

Organisasi kemasyarakatan sebagai mitra Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur agar dapat memberikan informasi aktual dan faktual yang diperlukan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk mendukung pembangunan di segala bidang. 

Organisasi kemasyarakatan juga diminta untuk membantu pemerintah daerah membangun Kotawaringin Timur. Selain itu, organisasi kemasyarakatan diingatkan tidak melanggar aturan perundang-undangan yang telah ditetapkan serta tidak melakukan kegiatan yang menjadi tugas dan wewenang penegak hukum. 

"Berikanlah yang terbaik untuk pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur. Semua tidak akan terlaksana tanpa dukungan seluruh elemen masyarakat yang ada di kabupaten Kotawaringin Timur," demikian Saleh. 

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotawaringin Timur Sanggul Lumban Gaol mengatakan, ormas sebagai bagian dari masyarakat, mempunyai peran penting untuk turut menyukseskan pemilu. 

"Kami meminta pengurus dan anggota ormas juga turut menyukseskan pemilu dan pilkada 2024. Kita bersama-sama mengawal agar pemilu terlaksana dengan baik, aman, damai dan harmonis," demikian Sanggul Lumban Gaol. 

Baca juga: Bupati Kotim bersyukur jamaah haji tiba dengan selamat

Baca juga: Dinas PUPR bantu penataan lokasi Nur Mentaya Expo antisipasi hujan

Baca juga: Askot PSSI Palangka Raya targetkan emas di Porprov Kalteng