Legislator Kapuas minta usulan skala prioritas segera diakomodir

id Dprd kapuas, darwandie, kuala kapuas, kapuas, reses, usulan prioritas

Legislator Kapuas minta usulan skala prioritas segera diakomodir

Legislator Kapuas, Darwandie di sela kegiatan reses perseorangan di Dapil Kapuas II belum lama ini. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Legislator Kapuas, Kalimantan Tengah, Darwandie meminta usulan skala prioritas yang merupakan aspirasi masyarakat dapat segera diakomodir oleh pemerintah kabupaten setempat.

“Terutama di Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas II, meliputi Kecamatan Basarang, Kapuas Barat dan Mantangai,” kata Darwandie di Kuala Kapuas, Selasa.

Hal itu disampaikan politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini setelah melaksanakan reses perseorangan ke daerah pemilihannya yakni Kapuas II.

Usulan prioritas yang mendesak agar dapat menjadi perhatian, terutama berkaitan dengan infrastruktur jalan dan jembatan, pendidikan, kesehatan, perkebunan, perikanan dan lainnya.

“Dalam reses kita di tiga kecamatan dan lima desa di wilayah Dapil II, banyak usulan masyarakat yang kita tampung. Misalnya saja berkaitan infrastruktur di Desa Anjir Kalampan, Kecamatan Kapuas Barat mengusulkan pembangunan atau rehab total jembatan penghubung di kilometer lima yang saat ini kodisi memprihatinkan,” jelasnya.

Baca juga: Legislator Kapuas minta 'jembatan panjang' segera diperbaiki

Masyarakat di desa setempat juga, lanjutnya, mengusulkan jalan lingkungan desa yang mengalami rusak parah dan mengusulkan bibit ternak bebek serta pakannya.

Sedangkan untuk Desa Mantangai, Kecamatan Mantangai masyarakat mengusulkan bibit kelapa sawit untuk kelompok tani mandiri, bantuan dana pembangunan masjid hingga usulan bantuan bibit ternak kambing.

Kemudian untuk Desa Lapetan, Kecamatan Mantangai, mengusulkan peningkatan dan rekonstruksi jalan tembus serta jalan lintas, hingga pengadaan bantuan alat tangkap ikan.

Selanjutnya Desa Danau Rawah, Kecamatan Mantangai usulan rehab ruang kelas SDN Danau Rawah dan rumah dinas guru, serta usulan rekonstruksi jalan desa sepanjang dua kilometer.

Terakhir yakni Desa Basarang, Kecamatan Basarang mengusulkan pengadaan bibit dan pakan ikan nila dan patin untuk tiga kelompok tani, serta usulan rekonstruksi jalan lingkungan desa sepanjang dua kilometer.

“Kita harapkan apa yang menjadi usulan maupun aspirasi masyarakat di tiga kecamatan itu sifatnya mendesak dan perlu mendapat perhatian dapat direalisasikan,” demikian Darwandie.

Baca juga: Capaian opini WDP laporan keuangan Kapuas jadi perhatian

Baca juga: Petani di Kapuas diminta waspadai penipuan bermodus bantuan alsintan

Baca juga: IBI Kapuas didorong tingkatkan peran wujudkan pelayanan kesehatan berkualitas