Legislator Kapuas minta 'jembatan panjang' segera diperbaiki

id Dprd kapuas, rosihan anwar, jembatan panjang kapuas, kuala kapuas, kapuas

Legislator Kapuas minta 'jembatan panjang' segera diperbaiki

Legislator Kabupaten Kapuas, Rosihan Anwar. (ANTARA/All Ikhwan)

Jembatan panjang berkonstruksi ulin itu sudah lama mengalami kerusakan yang cukup parah dan warga sudah beberapa kali mengusulkan untuk segera ditangani, karena khawatir jembatan yang berusia cukup tua itu ambruk
Kuala Kapuas (ANTARA) - Legislator Kapuas, Kalimantan Tengah, Rosihan Anwar, meminta pemerintah kabupaten segera menindaklanjuti perbaikan jembatan panjang yang kondisinya memprihatinkan.

"Warga di daerah kawasan jembatan panjang Jalan Kapuas, yang menghubungkan dua kelurahan itu, minta jembatan yang rusak parah itu segera ditangani," kata Rosihan Anwar di Kuala Kapuas, Selasa.

Hal itu disampaikan politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, saat menerima aspirasi masyarakat di daerah setempat saat reses perseorangan yang dilaksanakan di Kecamatan Selat.

Jembatan panjang berkonstruksi ulin itu sudah lama mengalami kerusakan yang cukup parah dan warga sudah beberapa kali mengusulkan untuk segera ditangani, karena khawatir jembatan yang berusia cukup tua itu ambruk.

"Dulu jembatan itu pernah dilakukan perbaikan dan dilakukan pengaspalan, namun tidak dibangun secara permanen. Sekarang kondisinya kita lihat cukup parah, banyak lubang-lubang," jelasnya.

Kerusakan jembatan itu, berdasarkan informasi masyarakat diduga akibat sering dilewati kendaraan roda empat mengangkut beban yang terlalu berat, sehingga jembatan yang menghubungkan Kelurahan Selat Tengah dan Selat Hulu itu mengalami kerusakan.

Menurutnya, penanganan perbaikan jembatan panjang yang berada di tepian Sungai Kapuas tersebut perlu mendapat perhatian untuk segera dilakukan perbaikan. Mengingat selain kondisi memprihatinkan, juga merupakan kawasan padat penduduk.

"Kalau ini dibiarkan, takutnya hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi. Karena dari informasi masyarakat, sudah ada beberapa orang menggunakan sepeda motor melalui jalan itu mengalami kecelakaan karena menghindari lubang-lubang itu," ujarnya.

Baca juga: Capaian opini WDP laporan keuangan Kapuas jadi perhatian

Wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas I Kecamatan Selat ini, juga mengimbau serta mengingatkan masyarakat, apabila jembatan panjang itu telah ditangani nantinya agar dapat bersama-sama menjaganya.

"Tidak boleh lagi jalan jembatan panjang itu dilewati oleh kendaraan roda empat yang mengakut beban terlalu berat yang bisa merusak kembali," pesannya.

Kemudian, tambahnya, selain usulan perbaikan jembatan panjang, masyarakat juga mengusulkan adanya bantuan dari pemerintah terutama untuk warga kurang mampu.

"Seperti bantuan sembako, bantuan langsung tunai, dan lain sebagainya, khususnya diberikan bagi warga kurang mampu dan warga lanjut usia," demikian Rosihan Anwar.

Baca juga: Petani di Kapuas diminta waspadai penipuan bermodus bantuan alsintan

Baca juga: IBI Kapuas didorong tingkatkan peran wujudkan pelayanan kesehatan berkualitas

Baca juga: Puluhan pelaku UMKM di Kapuas dilatih keterampilan menjadi barista