DPRD minta pemerintah serius jaga inflasa

id Anna Agustina Elsye

DPRD minta pemerintah serius jaga inflasa

DPRD Palangka Raya, Kalimantan tengah Anna Agustina Elsye. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Anna Agustina Elsye meminta pemerintah kota di bulan Ramadhan 1444 Hijriah ini bisa lebih serius memperhatikan persoalan inflasi di wilayahnya.

"Pemerintah harus lebih memperhatikan soal inflasi di daerah ini, karena kalau inflasi tidak terkendali tentu akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya ini menjelaskan, selain akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat, tidak terkendalinya inflasi juga akan berdampak pada sulitnya perkembangan ekonomi di daerah. 

"Inflasi tinggi juga bisa berdampak pada rencana pembangunan pemerintah dan anggaran belanja negara," ucapnya.

Oleh karenanya apabila pemerintah mampu mengendalikan inflasi maka akan sangat berdampak pada peningkatan kegiatan perekonomian warga.

"Mengembangkan komunitas unggulan merupakan salah satu cara untuk mengendalikan inflasi, misal pengembangan bawang merah dan cabai," kata Politisi Partai Gerindra tersebut. 

Selain itu, menjaga kestabilan pendistribusian dan harga bahan pokok di pasaran agar tidak terjadi lonjakan harga apalagi di bulan Ramadhan ini, juga mampu mengendalikan inflasi daerah. 

"Apabila distribusi bahan pokok terganggu, tentu akan berdampak pada kenaikan harga di pasaran. Maka dari itu pemerintah harus punya inovasi agar pendistribusian tersebut tidak masalah," tegas Anna. 

Pemerintah juga harus terus melakukan pengawasan ke lapangan, agar tidak terjadi adanya aksi oknum distributor atau pedagang nakal yang sengaja menimbun bahan pokok di pasaran atau menjualnya dengan harga di atas normal. 

"Terus lakukan pengawasan untuk mengantisipasi adanya oknum pedagang nakal yang menimbun atau menjual bahan pokok di atas standar, apalagi saat mendekati Lebaran nanti," katanya.