Polda ajak masyarakat terus berkontribusi jaga kamtibmas di Kalteng

id Palangka Raya,Kalteng,Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji,Polda Kalteng,Polda ajak masyarakat untuk jaga iklim kamtibmas di Kalteng,Kamt

Polda ajak masyarakat terus berkontribusi jaga kamtibmas di Kalteng

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Polda Kalimantan Tengah mengajak masyarakat untuk menjaga iklim keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah provinsi setempat.

"Apabila iklim kamtibmas di perusahaan terjaga dengan baik, maka aktivitas masyarakat dan investor di Kalteng berjalan dengan baik. Sebaliknya kalau gaduh maka para investor enggan akan berinvestasi di daerah kita," kata Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji di Palangka Raya, Senin.

Dia menuturkan, kondisi iklim di provinsi yang memiliki luas dua kali dari Pulau Jawa itu saat ini sangat kondusif mari dijaga bersama. Jangan sampai ada oknum-oknum yang memiliki kepentingan merusak apa yang sudah dipelihara seperti sekarang ini.

Karena apabila daerah mengalami gaduh, maka banyak kerugian yang akan didapatkan masyarakat daerah misalnya aktivitas masyarakat terganggu, kemudian para investor mendengar hal-hal negatif terkait keamanan maka mereka tidak mau berinvestasi di wilayah setempat.

"Bahkan daerah juga terkena dampaknya, maka dari itu mari kita jaga kamtibmas di Kalteng dengan baik sehingga investasi serta aktivitas masyarakat bisa berjalan lancar dan baik kedepannya," beber Erlan.

Perwira Polri berpangkat melati tiga itu mengungkapkan, bahwa pihaknya juga akan mengupdate terkait kericuhan yang terjadi di Kabupaten Seruyan meskipun saat ini sudah ada kesepakatan antara perusahaan dan masyarakat.

"Nanti akan kami sampaikan ke awak media dan masyarakat terkait perkembangan selanjutnya," katanya.

Baca juga: Polda Kalteng perjuangkan kuota Bintara Polri terus bertambah

Sebelum mengakhiri perbincangannya, Erlan juga menegaskan bahwa masyarakat diminta untuk mentaati aturan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia. Jangan sampai ada oknum masyarakat yang merasa kebal hukum, sehingga dengan sewenang-wenang melakukan hal-hal yang melanggar hukum.

"Kita di mata hukum semuanya sama, maka dari itu mari taati aturan hukum yang berlaku di daerah kita dengan sebaik mungkin jangan sampai melawan hukum," demikian Erlan Munaji.

Berdasarkan pantauan di lapangan, saat ini jajaran Polres di wilayah hukum Polda Kalteng juga terus menggencarkan patroli ke sejumlah tempat yang dianggap rawan terjadi gangguan kamtibmas.

Hal itu dilaksanakan tentunya bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polres masing-masing. Sampai saat ini situasi Kalteng aman dan tidak ada gangguan yang menonjol.

Baca juga: Tim forensik Bareskrim Polri olah TKP kebakaran Kantor Bawaslu Palangka Raya

Baca juga: Sebanyak 86 persen putra daerah Kalteng lulus Bintara Polri 2023

Baca juga: Polda Kalteng siapkan 1.500 personel amankan Pemilu 2024