Diskominfo Palangka Raya tingkatkan SDM pengelola layanan-informasi

id Pemkot palangka raya, diskominfo palangka raya, sdm pengelola layanan informasi, palangkaraya, situs web, website

Diskominfo Palangka Raya tingkatkan SDM pengelola layanan-informasi

Diskominfo Palangka Raya tingkatkan SDM pengelola layanan-informasi di Palangka Raya, kemarin. (ANTARA/HO-Diskominfo Palangka Raya)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pengelola layanan dan informasi publik.

"Upaya ini kami lakukan dengan melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) terhadap para administrator pengelola situs web dan media sosial di lingkup perangkat daerah Kota Palangka Raya," kata Kepala Diskominfo Palangka Raya, Saipullah di Palangka Raya, Selasa.

Dia mengatakan, bimtek tersebut bertujuan meningkatkan pelayanan informasi kepada masyarakat dengan memberikan dan menyediakan data, serta informasi kepentingan pemerintah daerah melalui jaringan internet.

"Sehingga prestasi tingkat nasional yang diraih Pemerintah Kota Palangka Raya dalam pengelolaan dan penyebaran informasi publik dapat semakin ditingkatkan," tuturnya.

Saipullah menambahkan, kualitas administrator sangat berperan penting dalam pengelolaan situs web dan media sosial. Tujuannya agar mampu menyampaikan informasi dan program pembangunan pemerintah secara menarik dan jelas.

Baca juga: RSUD berikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis di Palangka Raya Fair

Muaranya adalah tersampaikannya informasi yang utuh serta konektivitas antara pemerintah dengan masyarakat semakin kuat. Adanya situs web dan media sosial sebagai forum komunikasi, aspirasi dan keluhan dari masyarakat bisa disampaikan dan didapatkan dengan lebih efektif dan efisien.

Lebih lanjut Saipullah mengatakan situs web dan media sosial juga memungkinkan pemerintah untuk bisa menyampaikan rencana serta realisasi keuangan yang dilaksanakan.

"Ini juga sebagai bentuk bentuk transparansi kinerja pemerintah guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah," katanya.

Saipullah pun berharap agar bimtek tersebut dijadikan sebagai momentum yang tepat untuk meningkatkan kualitas SDM dalam rangka pelayanan data dan informasi di lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya.

“Diharapkan pada bimtek ini dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan yang berkaitan dengan pengelolaan situs web resmi, media sosial perangkat daerah, serta rasa tanggungjawab untuk penyediaan data atau informasi yang lengkap dan selalu update (diperbaharui),” tutupnya.


Baca juga: Puluhan rumah di kawasan padat penduduk Palangka Raya terbakar


Baca juga: Imigrasi Palangka Raya luncurkan layanan antrean berbasis digital


Baca juga: BPS: IHK Palangka Raya tak sejalan dengan Sampit pada Juli 2023