Pelajar SMAN 3 Sampit turut dongkrak perolehan medali Kotim di Porprov Kalteng

id Pelajar SMAN 3 Sampit turut dongkrak perolehan medali Kotim di Porprov Kalteng, Kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, porprov Kalteng, SMAN 3 sa

Pelajar SMAN 3 Sampit turut dongkrak perolehan medali Kotim di Porprov Kalteng

Salah satu siswi SMAN 3 Sampit yang ikut berlaga membela Kotawaringin Timur di Porprov XII Kalimantan Tengah, Rani Santika berhasil mempersembahkan medali emas. ANTARA/HO- SMAN 3 Sampit

Sampit (ANTARA) - Atlet yang merupakan pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Sampit turut berkontribusi mendongkrak perolehan medali kontingen Kabupaten Kotawaringin Timur pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah yang digelar di Sampit. 

"Alhamdulillah. Dari tujuh siswa siswi SMAN 3 Sampit yang ikut bertanding, mereka berhasil menyumbang 10 medali dalam Porprov Kalteng 2023, terdiri dari dua medali emas, dua perak dan enam perunggu. Mereka bertanding di lima cabang olahraga yang diikuti," kata Pelaksana Tugas Kepala SMAN 3 Sampit Hadi Kurniawan didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Candra Junawanti di Sampit, Kamis. 

Rani Santika dari kelas XII MIPA 2, Muhammad Nazwan dari kelas XI MIPA 1, Zaskia Amelia dari kelas XII IPS 4, Septiyani dari kelas XII MIPA 3, Flora Ayu Melia dari kelas XI MIPA 3, Anggun Ajeng Saputri dari kelas XII MIPA 1 dan Zidan Abdi Aqsha dari kelas XI MIPA 3. 

Rani Santika bertanding pada cabang aerosport, Muhammad Nazwan bertanding pada cabang panjat tebing lead tim pelajar,  Zaskia Amelia bertanding pada cabang atletik dengan turun di dua kelas yaitu lari 10.000 meyer dan estafet beregu. 

Sementara itu Septiyani bertanding pada cabang panjat tebing kelas speed record umum, Flora Ayu Melia juga bertanding panjang tebing di kelas lead putri perorangan. 

Dua orang lainnya bertanding di cabang olahraga balap sepeda, yaitu Anggun Ajeng Saputri yang bertanding di kelas ITT Women Open dan Zidan Abdi Aqsha S yang bertanding di kelas ITT Men Junior. 

Dua medali emas berhasil disumbangkan oleh Muhammad Nazwan pada kelas lead tim pelajar dan Rani Santika pada kelas pesawat OHLG. Rani Santika juga menyumbang satu medali perak dan satu perunggu pada kelas pesawat F4J dan pesawat F1A. 

Satu medali perak lainnya disumbangkan oleh Anggun Ajeng Saputri. Sementara itu atlet lainnya yaitu Zaskia Amelia menyumbang dua medali perunggu, sedangkan Septiyani, Flora Ayu Melia dan Zidan Abdi Aqsha masing-masing menyumbang satu medali perunggu. 

Pihak sekolah sangat bangga dan mengapresiasi seluruh siswa dan siswi mereka yang tampil pada ajang Porprov XII Kalimantan Tengah. Mereka tidak hanya membanggakan nama sekolah, tetapi juga mengharumkan nama Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Baca juga: Medali emas bola voli Porprov Kalteng diraih Kotim dan Sukamara

Secara internal, pihak sekolah juga sangat bersyukur karena keseriusan dalam pembinaan olahraga di sekolah ini membuahkan hasil menggembirakan. Ini berkat dukungan semua pihak di sekolah serta para orang tua siswa yang berperan melalui Komite Sekolah. 

SMAN 3 Sampit termasuk sekolah yang memiliki venue olahraga terlengkap di Kalimantan Tengah. Sekolah ini memiliki lapangan sepak bola, basket, bola voli, gedung bulu tangkis, dinding panjat tebing dalam fasilitas olahraga lainnya. 

Semua itu terwujud tidak terlepas dari dukungan besar orang tua siswa melalui Komite Sekolah. Para orang tua siswa di SMAN 3 Sampit sangat kompak dalam mendukung pembinaan prestasi olahraga. 

Semua menyadari bahwa olahraga bagian dari prestasi yang sangat positif bagi peserta didik. Ini sejalan dengan Kurikulum Merdeka dengan tujuan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang sangat menghargai potensi masing-masing peserta didik. 

"Itulah kenapa SMAN 3 Sampit melengkapi semua fasilitas olahraga, termasuk ada dinding panjat tebingnya. Ini bentuk keseriusan pihak sekolah beserta orang tua dalam mendukung pembinaan dan pengembangan potensi siswanya, khususnya di bidang olahraga," ujar Hadi. 

SMAN 3 Sampit juga telah membuat kebijakan dalam mengapresiasi setiap peserta didik yang mampu menunjukkan prestasi di ajang resmi. Bentuk apresiasi disesuaikan dengan prestasi di tingkatan ajang olahraga yang diikuti.

Sementara itu, hingga Rabu (2/8) malam, Kotawaringin Timur masih menduduki puncak klasemen sementara perolehan medali Porprov XII Kalimantan Tengah. Kotawaringin Timur unggul dengan mengoleksi 269 medali terdiri dari 95 emas, 76 perak dan 98 perunggu. 

Peringkat kedua diduduki juara bertahan Kota Palangka Raya yang mengantongi 225 medali terdiri dari 76 emas, 73 perak dan 76 perunggu. Posisi ketiga diduduki Kotawaringin Barat yang mengoleksi 122 medali terdiri 36 emas, 40 perak dan 46 perunggu. 

Selanjutnya di peringkat empat diduduki Katingan yang memperoleh 87 medali terdiri 35 emas, 17 perak dan 35 perunggu. Sedangkan di peringkat lima diduduki Sukamara yang memperoleh 94 medali terdiri 31 emas, 30 perak dan 33 perunggu. 

Baca juga: Disdik Kotim ajak masyarakat lindungi anak

Baca juga: Kotim masih puncaki klasemen sementara Porprov XII Kalteng

Baca juga: Tinju mampu menarik perhatian penonton di ajang Porprov Kalteng