Siswa SMAN 1 Sepang terpilih sebagai Duta Baca Pelajar Gumas

id SMAN 1 Sepang, Ardia Stiven, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Gunung Mas, kalteng

Siswa SMAN 1 Sepang terpilih sebagai Duta Baca Pelajar Gumas

Bunda Literasi Gunung Mas Mimie Mariatie Jaya S Monong didampingi Kepala DPK Maria Efianti menyerahkan hadiah kepada juara 1 pemilihan Duta Baca Pelajar SMA kabupaten, di Kuala Kurun, Rabu (2/8/2023). ANTARA/Chandra.

Kuala Kurun (ANTARA) - Siswa dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sepang, Ardia Stiven terpilih menjadi juara 1 Duta Baca Pelajar tingkat SMA sederajat se-Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, untuk tahun 2023.

Ardia Stiven berhasil menjadi juara 1 mengungguli belasan peserta lainnya, kata Bunda Literasi yang juga selaku juri Pemilihan Duta Baca Pelajar tingkat SMA sederajat Gunung Mas Mimie Mariatie Jaya S Monong di Kuala Kurun, Rabu.

"Saya ucapkan selamat kepada mereka yang menjadi juara. Namun bagi yang belum meraih prestasi terbaik tidak perlu berkecil hati, karena sebenarnya mereka juga memiliki kualitas yang bagus," sambungnya.

Dia berharap ke depan seluruh peserta bisa menjadi duta baca di lingkungan mereka masing-masing, baik itu di tingkat kecamatan, desa/kelurahan, sekolah, dan berbagai komunitas lainnya.

Adapun sebagai juara 2 yakni Noferdy Admajaya dari SMAN 1 Kurun, juara 3 Rachel Renzia Herry dari SMKN 1 Rungan Hulu. Lalu juara harapan 1 yakni Nadia Afifah dari SMAN 1 Kurun, harapan 2 Aril Efrilino dari SMAN 2 Tewah, dan harapan 3 Piona Pebian Nugraha dari SMKN 1 Mihing Raya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Gunung Mas, Maria Efianti mengatakan bahwa pemilihan duta baca merupakan upaya dalam membangun budaya literasi di kabupaten setempat.

Pemilihan duta baca menjadi sebuah kebutuhan daerah, agar arah program dan kebijakan dapat terwujud secara efektif dan efisien. Muaranya adalah peningkatan indeks kegemaran membaca dan literasi masyarakat.

Baca juga: Bandara Kuala Kurun komitmen terhadap keamanan dan keselamatan penerbangan

Mantan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak itu menyebut, rencananya juara 1 pemilihan duta baca ini akan menjadi wakil Gunung Mas, untuk mengikuti kegiatan yang sama di tingkat provinsi.

Lainnya, Duta Baca Pelajar SMA sederajat Gunung Mas, Ardia Stiven menyampaikan bahwa dirinya telah menyiapkan sejumlah program antara lain meningkatkan kualitas perpustakaan, membuat setiap kelas di sekolah menjadi sangat nyaman untuk membaca, serta membangun kebiasaan dan meningkatkan minat baca para siswa dan masyarakat.

Dia berharap berbagai program yang telah disiapkan tadi dapat terealisasi secara bertahap di sekolah-sekolah yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

Baca juga: RSUD Kuala Kurun tingkatkan kemampuan nakes melalui BTCLS

Baca juga: Perangkat daerah di Gumas diminta terapkan pembayaran digital

Baca juga: Diskominfosantik Gunung Mas siap berpartisipasi sukseskan Pemilu 2024