Pewaris masa depan, Generasi muda harus jadi pelaku perubahan

id Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang, teras Narang, Kalteng, DPD RI, UKI, orasi ilmiah teras Narang

Pewaris masa depan, Generasi muda harus jadi pelaku perubahan

Senator asal Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang saat menyampaikan orasi ilmiah dalam Sidang Terbuka Senat UKI di Jakarta, Jumat (8/9/2023). ANTARA/HO-Tim Teras Narang.

Palangka Raya (ANTARA) - Senator asal Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang menyatakan bahwa sekalipun generasi muda sebagai pewaris masa depan, namun tanpa berjuang menentukan nasib hari ini dan mendatang, bukan tidak mungkin warisan itu akan hilang.

Pernyataan itu disampaikan Teras Narang pada saat diminta memberikan orasi ilmiah dalam sidang terbuka Senat sekaligus pembekalan mahasiswa baru Universitas Kristen Indonesia (UKI)  di Jakarta, Jumat.

"Jadi, saya mengingatkan dan mengajak generasi muda untuk mulai berbenahlah sejak saat ini. Generasi muda juga Haris jadi pelaku perubahan, bukan agen perubahan. Jadilah arus, bukan hanya mengikuti arus," ucapnya.

Anggota DPD RI itu pun mengapresiasi adanya sidang senat terbuka yang digelar UKI dalam menyambut sekaligus memberikan pembekalan terhadap para mahasiswa baru. Sebab, menurut dirinya, pembekalan ini menjadi salah satu upaya mendorong sekaligus mengingatkan para generasi muda, agar tidak mudah menyerah dan siap menghadapi tantangan kekinian dunia dan Indonesia.

Teras Narang mengatakan, dalam berbagai kesempatan dirinya selalu menyampaikan tantangan yang akan di hadapi Indonesia, terkhusus generasi muda pada saat ini dan mendatang. Di mana tantangan itu diringkas dengan istilah HE4F yakni Health (Kesehatan), Education (Pendidikan), Food (Pangan), Fuel (Energi), Financial (Keuangan), dan Forestry (Kehutanan).

Baca juga: Food estate pasti berhasil jika dilaksanakan secara konsisten dan kolaboratif

"Saya berharap dengan memahami tantangan ini, para mahasiswa baru akan tekun dalam studi mereka selama di UKI Jakarta," kata dia.

Mantan Gubernur Kalteng periode 2005-2015 itu juga berpesan agar para mahasiswa UKI terus meningkatkan literasi dan wawasan, mengembangkan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan zaman, serta berpartisipasi menjadi pemilih cerdas dalam Pemilu 2024 untuk memastikan pemerintahan diisi figur yang berkompeten, berintegritas, teguh pada Pancasila, dan punya kebijakan yang peduli terhadap orang muda. 

"Semoga dari UKI Jakarta dan kampus lain di Kalimantan Tengah serta seluruh Indonesia, akan tumbuh generasi-generasi unggul untuk menuju Indonesia Emas 2045 mendatang. Masa depan yang kita harapkan membawa kesejahteraan lebih bagi masyarakat serta kemajuan bagi bangsa dan negara kita tercinta," demikian Teras Narang.

Baca juga: Akademisi diminta mendukung peran DPD RI mewakili kepentingan daerah di parlemen

Baca juga: Rekonstruksi jembatan Kayu Mandomai mampu jadi daya tarik arsitektur global

Baca juga: Teras Narang: Mahasiswa harus jadi pelaku terhadap pengakuan dan pemberdayaan MHA