DPRD Seruyan dorong pengembangan budi daya udang paname

id udang paname,DPRD Seruyan,Harsandi

DPRD Seruyan dorong pengembangan budi daya udang paname

Anggota DPRD Seruyan Harsandi di Kuala Pembuang. ANTARA HO/Dokumentasi PribadiĀ 

Kuala Pembuang (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Kalimantan Tengah,mengharapkan pemerintah mengembangkan budi daya Udang Paname sebagai salah satu terobosan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan di daerahnya sekaligus untuk meningkatkan pendatapatan asli daerah.

Anggota DPRD Seruyan Harsandi di Kuala Pembuang mengatakan, upaya pengembangan Udang Paname tersebut untuk membantu meningkatkan pendaptan dan kesejahteraan nelayan.

"Udang Paname, menjadi salah satu potensi baru untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya nelayan," katanya.
    
Menurut Harsandi, Kabupaten Seruyan memiliki potensi  besar menjadi daerah pengembangbiakan udang kualitas ekspor tersebut, antara lain karena didukung lahan tambak yang cukup luas.
    
Harsandi yakin, Udang Paname, memiliki prosepek yang cukup bagus di pasaran, hal tersebut bila melihat keberhasilan para nelayan di Kabupaten Sukamara, yang telah sukses mengembangkan komoditas tersebut.
    
Memantapkan program tersebut, Harsandi menyaraknkan agar dinas terkait membawa nelayan untuk mengunjungki penambak udang tersebut, di Kabupaten Sukamara.
    
Selain itu, dia berharap, pemerintah daerah bisa mengusulkan program tersebut sebagai program nasional, sehingga seluruh biaya pengembangan Udang Paname bisa didukung pemerintah pusat.
    
Sebagaimana diketahui, sebagian besar warga Seruyan bermata pencaharian sebagai nelayan, selain di sektor pertanian dan perkebunan.

Potensi sumber daya manusia nelayan yang cukup besar tersebut, diharapkan bisa terus dilakukan pembinaan, melalui program-program pengembangan sektor perikanan.