Anggota DPRD Palangka Raya minta pemerintah perbaiki drainase antisipasi banjir

id DPRD Palangka Raya,Noorkhalis Ridha,Antisipasi Banjir,Jekan Raya ,Pahandut

Anggota DPRD Palangka Raya minta pemerintah perbaiki drainase antisipasi banjir

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Noorkhalis Ridha. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, meminta kepada pemerintah Pemerintah Kota setempat, memanfaatkan musim kemarau untuk memperbaiki drainase, sehingga saat musim penghujan tiba akan terhindari dari banjir.

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Noorkhalis Ridha, Rabu, di Palangka Raya meminta pemerintah kota segera memperbaiki drainase yang ada di sepanjang jalan maupun di sekitar lingkungan perumahan warga, untuk mengantisipasi banjir saat musim penghujan.

Menurut Norkhalis, upaya tersebut sangat penting dilakukan saat ini, untuk menghindari banjir yang hampir selalu terjadi saat musim penghujan.

Norkhalis yakin, saat seluruh drainase diperbaiki, seperti dilakukan pengerukan, khusus drainase yang mengalami pendangkalan, banjir tahunan akan bisa dihindari.

Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, banjir terjadi Antara lain di Kecamatan Jekan Raya, Pahandut dan Sebangau.

Sedangkan total kelurahan terendam banjir di tiga kecamatan tersebut sebanyak 5 kelurahan, yaitu Kelurahan Katimpun, Bukit Tunggal dan Palangka di Kecamatan Jekan Raya, Kelurahan Tanjung Pinang di Pahandut dan Bereng Bengkel di Sebangau.

Berdasarkan data dari BPBD Palangka Raya, banjir biasanya terjadi akibat dari hujan terus menerus dengan intensitas yang cukup tinggi, banjir juga disebabkan kiriman dari daerah hulu ke hilir.

Biasanya, pada saat daerah hulu terjadi hujan terus menerus dan menyebabkan banjir, selanjutnya air turun ke wilayah Kota Palangka Raya.