Pembangunan Istana Presiden di IKN masih berjalan sesuai target

id Jokowi,Presdien Jokowi,Presiden Joko Widodo ,IKN, Ibu Kota Nusantara,Kalteng,Paser,Kaltim

Pembangunan Istana Presiden di IKN masih berjalan sesuai target

Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) didampingi (kiri ke kanan) Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Mensesneg Pratikno, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Menkeu Sri Mulyani meninjau progres pembangunan di Istana Presiden, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (22/9/2023). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyebut pembangunan Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) masih berjalan sesuai target yang ditetapkan pemerintah.

"Saya lihat skedul dan target, saya kira masih dalam target," ujar Presiden dalam keterangannya usai peninjauan sebagaimana keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Presiden menegaskan bahwa anggaran untuk pembangunan sejumlah infrastruktur dasar di IKN tidak mengalami kendala.

Baca juga: Jokowi pasang bilah pertama Garuda di Kantor Presiden IKN

"Khusus untuk istana, kementerian, untuk infrastruktur dasar tidak ada masalah," kata Presiden.

Presiden mengatakan bahwa pemerintah akan terus mendorong pembangunan sejumlah infrastruktur dari sektor swasta dan dunia usaha di Tanah Air.

Mulai dari pembangunan universitas, rumah sakit, pusat perbelanjaan, hingga tempat makan.

Baca juga: Jokowi ajak para menteri nikmati pemandangan pagi di IKN

Baca juga: Menkeu : Pembiayaan IKN tetap disiplin sesuai rencana induk


"Semuanya akan kita dorong sehingga muncul sebuah crowd yang tentu keramaian itu yang akan memberikan kehidupan pada kota Nusantara," tutur Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden melakukan penanaman pohon beringin yang memiliki nama Latin Ficus Benjamina di kawasan Istana Presiden IKN. Presiden menyebut pohon yang ditanam tersebut memiliki makna keagungan.

"Khusus untuk dua beringin kembar ini saya rasa memang ini simbol keagungan," ujar Presiden.

Presiden berharap tanaman lainnya akan dapat segera ditanam setelah hujan turun di kawasan IKN, mulai dari rumput untuk upacara 17 Agustus, tanaman-tanaman endemik Kalimantan, hingga bunga yang dirancang khusus untuk Istana Presiden IKN.

Baca juga: Jokowi: Investasi swasta kunci bangun IKN

Baca juga: Teknologi bus tanpa awak dapat diterapkan di IKN Nusantara


"Ini semuanya akan green dan khusus untuk istana warna bunganya nanti merah putih. Jadi desain terencana yang dilaksanakan dengan sangat detail," jelas Presiden.

Presiden mengatakan bahwa lapangan Istana Presiden di IKN memiliki lahan dua kali lebih luas dari Istana di Jakarta. Bahkan, kapasitas lapangannya dapat menampung hingga 8 ribu orang untuk kegiatan upacara 17 Agustus 2024.

"Ini akan hijau semuanya, bisa dipakai untuk upacara kurang lebih 8 ribu orang, kira-kira lebihnya mungkin 2 kali istana (Jakarta)," tutur Presiden.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Wakil Kepala Otorita IKN Donny Rahajoe, dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Baca juga: Jokowi sebut beban berat Pulau Jawa munculkan persoalan sulit diselesaikan

Baca juga: Jokowi: Perpanjangan masa jabatan Panglima TNI masih dalam proses

Baca juga: Jokowi pakai kendaraan terbaru produksi Pindad disopiri Prabowo