Pemprov Kalteng pastikan penyaluran bantuan pangan di Gunung Mas aman

id Pemprov kalteng, dishanpang kalteng, bantuan pangan beras, ketersediaan beras, ketahanan pangan, kuala kurun, gunung mas, kalteng, kalimantan tengah

Pemprov Kalteng pastikan penyaluran bantuan pangan di Gunung Mas aman

Kepala Dishanpang Kalteng Riza Rahmadi (tiga dari kiri) meninjau ketersediaan beras di Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Rabu, (27/9/2023). (ANTARA/HO-Dishanpang Kalteng)

Gubernur Kalimantan Tengah memberi perhatian serius terhadap bantuan pangan beras ini, agar penyalurannya dilakukan benar-benar tepat waktu serta tepat sasaran
Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memastikan penyaluran bantuan pangan beras tahap II untuk Kabupaten Gunung Mas berjalan lancar dan aman.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpang) Kalteng Riza Rahmadi dihubungi dari Palangka Raya, Rabu, mengatakan, saat ini pihaknya berada di Kuala Kurun Kabupaten Gunung Mas untuk memastikan distribusi bantuan berjalan sesuai target yang ditentukan.

"Untuk Kabupaten Gunung Mas pagu total beras bantuan sebanyak 78.990 kilogram diperuntukan kepada 2.633 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Setiap KPM menerima 10 kilogram beras setiap bulannya," jelasnya.

Bantuan pangan ini dialokasikan selama tiga bulan, yakni September, Oktober serta November 2023. Untuk pagu September yakni 26.330 kilogram, telah tersalurkan sebanyak 24.110 kilogram atau mencapai 91,57 persen.

"Dari hasil koordinasi kami bersama instansi terkait di sini, ada beberapa kecamatan yang cukup sulit dijangkau karena kondisi geografis dan jarak. Adalah Kecamatan Miri Minasa sebanyak 102 KPM dan Kecamatan Damang Batu sebanyak 63 KPM. Dua kecamatan ini bisa dimaksimalkan penyalurannya saat ini, selagi cuaca masih panas (kemarau)," jelasnya.

Baca juga: Usai dilantik, 10 Pj Bupati/Wali Kota di Kalteng diminta kembangkan program inovatif

Riza memaparkan, Gunung Mas menjadi salah satu daerah yang mendapat perhatian khusus dari pihaknya, lantaran daerah setempat bukan daerah penghasil pangan yang cukup dominan. Dalam pemenuhan kebutuhan berbagai komoditas strategis, cenderung masih didatangkan dari luar daerah.

"Oleh karenanya, kami ke sini sekaligus meninjau pasar dan lainnya, memastikan pasokan lancar dan ketersediaan aman. Nyatanya setelah kami ke lapangan hari ini, alhamdulillah semua dalam kondisi terkendali," tuturnya.

Lebih lanjut Riza menyampaikan, penyaluran bantuan pangan beras tahap II juga pihaknya optimalkan sebagai salah satu upaya membantu pemenuhan kebutuhan sebagian masyarakat, sehingga berdampak terhadap stabilisasi harga di pasar. Kegiatan ini juga menjadi upaya pemerintah dalam menjaga tingkat inflasi daerah.

"Untuk itu Gubernur Kalimantan Tengah memberi perhatian serius terhadap bantuan pangan beras ini, agar penyalurannya dilakukan benar-benar tepat waktu serta tepat sasaran," tegas Riza.

Baca juga: Gubernur Kalteng beri bantuan alat tangkap ikan kepada nelayan di Kobar

Baca juga: Pemprov Kalteng tetap siaga meski ketersediaan beras aman

Baca juga: Dishanpang Kalteng-Bulog sepakat percepat distribusi untuk kendalikan harga beras