Pelajar SMAN 5 Dusun Selatan belajar Jurnalistik dari SMSI Barsel

id SMAN 5 Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Barito Selatan, Ketua SMSI Barito Selatan, M Hamdan

Pelajar SMAN 5 Dusun Selatan belajar Jurnalistik dari SMSI Barsel

Ketua SMSI Barito Selatan M Hamdan dan pelajar SMAN 5 Dusun Selatan foto bersama usai pelatihan jurnalistik di Desa Penda Asam, Selasa (3/10/2023). ANTARA/HO.

Buntok (ANTARA) - Puluhan pelajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 (SMAN-5) Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mengikuti dan mendapatkan pelatihan jurnalistik dari Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) setempat.

Pelatihan jurnalistik bagi pelajar yang telah dilaksanakan selama dua tahun terakhir ini sebagai upaya memberikan pengetahuan dasar bagaimana cara menulis berita dengan baik, kata Ketua SMSI Barito Selatan M Hamdan di Buntok, kemarin.

"Jadi, selain di SMAN-5, kami dari SMSI Barsel juga akan melaksanakan pelatihan jurnalistik ke sejumlah sekolah lainnya yang ada di daerah in," ucapnya.

Menurut mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Barito Selatan dua periode itu, selain berbagi ilmu tentang jurnalistik kepada pelajar, pelatihan yang dilaksanakan itu juga dalam upaya memperkenalkan keberadaan SMSI di daerah ini.

Hamdan pun berharap dengan dilaksanakannya pelatihan jurnalistik ini, wawasan pelajar bisa bertambah, sehingga mereka nantinya bisa mengetahui bagaimana cara menulis berita dengan baik.

"Jadi, mereka nantinya dapat mengisi buletin ataupun majalah dinding yang telah disediakan di sekolahnya masing-masing," kata dia.

Dirinya juga menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan ini juga dalam upaya memerangi berita hoax atau berita bohong dan mengajak kepada siswa untuk bijak dalam bermedia sosial.

Sementara  salah satu guru yang mewakili kepala SMAN-5 Dusun Selatan, Sipan pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada SMSI Barito Selatan yang telah melaksanakan pelatihan jurnalistik di sekolah ini.

Baca juga: Ketua DPRD Barito Selatan ajak masyarakat berpartisipasi aktif tanggulangi karhutla

"Kegiatan ini sangat baik, karena dapat menambah pengetahuan bagi pelajar di SMAN-5 mengenai jurnalistik dan cara menulis berita dengan baik dan benar," kata dia usai membuka acara tersebut.

Ia meminta kepada siswa yang mengikuti pelatihan ini, supaya benar-benar memperhatikan apa yang disampaikan narasumber, sebab pelatihan ini untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi siswa dalam bidang jurnalistik.

Acara pelatihan yang berlangsung di aula SMAN-5 Dusun Selatan tersebut diikuti sejumlah siswa dan yang menjadi narasumber dalam kegiatan itu Sekretaris SMSI Barito Selatan, Bayu Ilmiawan.

Baca juga: Penjabat Bupati: Raihan prestasi dua desa wisata di Barsel harus dioptimalkan

Baca juga: Pj Bupati Barsel: APBD 2024 penuhi kepentingan masyarakat secara optimal

Baca juga: Wakil Ketua DPRD apresiasi peluncuran batik khas Barsel