Verstappen menangi Sprint Race Grand Prix AS

id Max Verstappen,red bull,juara,Sprint Race ,Grand Prix Amerika Serikat,formula 1

Verstappen menangi Sprint Race Grand Prix AS

Pebalap Red Bull Racing Max Verstappen (depan) mengungguli pebalap Mercedes AMG Petronas Lewis Hamilton, pada Sprint Race Grand Prix AS, di Circuit of The Americas, Austin, Texas, Sabtu (21/10/2023) setempat. (ANTARA/AFP/Getty Images via AFP/RUDY CAREZZEVOLI)

Jakarta (ANTARA) - Juara dunia terkini Max Verstappen menambah delapan poin setelah ia membawa Red Bull memenangi Sprint Race Grand Prix Amerika Serikat di Circuit of The America, Austin, Texas, Sabtu waktu setempat.

Pembalap Belanda itu tidak tertandingi sejak balapan dimulai sampai finis. Ia unggul 9,465 detik atas pembalap Mercedes Lewis Hamilton. Pembalap Ferrari Charles Leclerc finis urutan ketiga untuk Ferrari, dengan tertinggal 17,997 detik.

"Ini menyenangkan. Ini sedikit ketat pada tikungan pertama, namun terdapat ruang yang cukup dan setelahnya saya melaju sendirian dan mengendalikan kecepatan," kata Verstappen seperti dikutip dari AFP.

"Kami memiliki kecepatan yang bagus pada hari ini, yang akan saya butuhkan untuk besok saat saya start dari P6. Ada beberapa tempat untuk menyalip dan saya berharap dapat bersenang-senang," tambahnya.

Kemenangan itu sekaligus merupakan kemenangan Sprint Race ketiga bagi Verstappen musim ini. Hal itu sekaligus memberi motivasi untuk kemenangan lainnya di Grand Prix Minggu, ketika ia akan start dari posisi keenam di grid.

Lando Norris menjaga performa McLaren dengan finis pada posisi keempat, untuk mengungguli pembalap Red Bull lainnya, Sergio Perez, dan Carlos Sainz yang mengendarai Ferrari. Norris tertinggal kurang dari sedetik di belakang Leclerc saat finis.

Pembalap Mercedes George Russell finis di posisi ketujuh, namun ia harus turun ke posisi kedelapan setelah dikenai penalti lima detik. Penalti itu sekaligus mendongkrak Pierre Gasly dari Alpine untuk naik ke posisi ketujuh.

Baca juga: Charles Leclerc rebut pole position Formula 1 Amerika Serikat