Pemkab Murung Raya laksanakan operasi pasar murah jelang Natal

id PemkabMurung Raya laksanakan operasi pasar murah jelang Natal, kalteng, mura, murung raya

Pemkab Murung Raya laksanakan operasi pasar murah jelang Natal

Penjabat Bupati Murung Raya, Hermon menyerahkan secara simbolis paket sembako kepada salah satu ketua RT di Kota Puruk Cahu agar segera disebar pada program operasi pasar murah pada acara pembukaan yang dilaksanakan di halaman stadion mini di Puruk Cahu, Rabu (25/10/2023). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah melaksanakan operasi pasar murah untuk 10 kecamatan yang dimulai dari Kota Puruk Cahu, di Kecamatan Murung.

"Kebutuhan bahan pokok di masyarakat cenderung terus meningkat, sehingga berdampak pada kenaikan harga. Lonjakan harga yang tinggi tentu akan membebani dan mengurangi daya beli masyarakat, terutama dari kalangan masyarakat menengah ke bawah," kata Penjabat Bupati Mura Hermon di Puruk Cahu, Rabu.

Melihat fenomena terjadinya lonjakan harga menjelang Natal, kata Hermon, Pemerintah Kabupaten Murung Raya setiap tahunnya menggelar operasi pasar murah. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang relatif terjangkau.

"Untuk itu, masyarakat yang berhak hendaknya dapat memanfaatkan operasi pasar murah ini dengan baik, dan berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan, jangan berlebihan," kata Hermon dalam kegiatan yang turut dihadiri ketua DPRD Mura Doni dan juga unsur Forkopimda, Tripika Kecamatan Murung dan undangan lainnya.

Menurut Hermon juga dampak inflasi bisa mempengaruhi semua sektor, tidak terkecuali ketersediaan dan aksesibilitas kebutuhan pokok.

Baca juga: Peringati Hari Rabies Sedunia, Pemkab Murung Raya gelar vaksinasi massal

“Operasi pasar murah menjadi salah satu bentuk usaha Pemerintah Kabupaten Murung Raya untuk memfasilitasi penjualan bahan kebutuhan masyarakat. Kami berharap, masyarakat tidak perlu panik dan risau dalam menghadapi situasi kelangkaan bahan pokok,” tambah Hermon lagi.

Kepala Diskop UKM Perindag Murung Raya, Suria Siri juga hadir pada acara pembukaan operasi pasar murah yang dilaksanakan di halaman stadion mini di Puruk Cahu.

Dikatakan Suria, setiap paket sembako terdapat 5 kg beras, 2 kg gula, minyak goreng 2 liter serta kopi teh masing-masing 1 bungkus. Harga pasaran Rp210.500 dan mendapat subsidi 75 persen menjadi Rp52.625 per paket untuk dijual ke masyarakat.

“Operasi pasar murah ini dalam rangka menjelang Hari Raya Natal dan membantu masyarakat yang terdampak inflasi di Murung Raya. Total ada 2.750 paket sembako murah yang kami siapkan,” demikian Suria.

Baca juga: Minimalisir dampak asap, Dinkes Murung Raya bagikan masker kepada warga

Baca juga: Penjabat Bupati: Mura miliki kandang penyangga untuk tanggulangi inflasi

Baca juga: Murung Raya berangkatkan 22 Kafilah ikuti MTQ VII Korpri tingkat Kalteng