Legislator Kapuas sebut optimalisasi pertanian memerlukan perbaikan sistem pengairan

id dprd kapuas, komisi II dprd kapuas, ahmad baihaqi, pertanian, wilayah pasang surut, kuala kapuas, kapuas

Legislator Kapuas sebut optimalisasi pertanian memerlukan perbaikan sistem pengairan

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kapuas, Ahmad Baihaqi.  (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Ketua Komisi II DPRD Kapuas, Kalimantan Tengah Ahmad Baihaqi meminta pemerintah kabupaten meningkatkan perhatian terhadap sektor pertanian di wilayah pasang surut.
 
“Pasalnya pendapatan para petani khususnya pada wilayah pasang surut tahun ini peningkatannya masih rendah,” kata Ahmad Baihaqi di Kuala Kapuas, Kamis.
 
Rendahnya pendapatan petani tahun ini, lanjutnya, sudah tentu ada penyebabnya yang harus mendapat respon dan perhatian Pemkab Kapuas dengan melakukan kajian untuk mendapatkan solusi.
 
"Penyebab utama adalah terjadinya kedangkalan pengairan atau irigasi petani, inilah yang harus kita perbaiki," pintanya.
 
Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, memaparkan pentingnya kebijakan pemerintah kabupaten dalam peningkatan sektor pertanian.
 
"Tahun depan adanya koordiansi yang baik antara Dinas Pertanian, Dinas PUPRKP Bidang Pengairan dan Dinas Perindagkop memproritaskan program perbaikan sarana pendukung pertanian," harapnya.

Baca juga: Legislator Kapuas apresiasi kegiatan TMMD berjalan sukses
 
Wakil rakyat yang terpilih kembali dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas V meliputi Kecamatan Bataguh, Tamban Catur Kapuas Timur dan Kapuas Kuala ini mengatakan, dahulu kabupaten setempat di wilayah pasang surut mendapat predikat sebagai wilayah swasembada pangan dengan munculnya program Pemerintah Pusat melalui PLG sejuta hektare.
 
"Kemana julukan wilayah kita dulu yang disebut-sebut swasembada pangan, kini malah terbalik, nasib petani semakin terpuruk," ucapnya.
 
Dia mengaku sedih dan prihatin atas kondisi para petani tersebut. Diharap periode tanam ke depan dengan mendapatkan perhatian Pemerintah Kabupaten Kapuas, akan memperbaiki kondisi saat ini.
 
"Terutama perlu perbaikan sistem pengairan, irigasi pada sungai-sungai dan handel yang sudah dangkal kekeringan," demikian Ahmad Baihaqi.

Baca juga: Satpol PP Kapuas tingkatkan sosialisasi cegah kenakalan remaja

Baca juga: Pemkab Kapuas optimalkan akses layanan sosial bagi masyarakat prasejahtera

Baca juga: Waket DPRD Kapuas minta kegiatan donor darah terus berkelanjutan