Pemprov Kalteng percepat penyaluran Bantuan Pangan CBP pada November

id pemprov kalteng, dishanpang kalteng, penyaluran beras, bantuan pangan beras pemerintah, riza rahmadi, gubernur kalteng, sugianto sabran, beras cbp, ca

Pemprov Kalteng percepat penyaluran Bantuan Pangan CBP pada November

Kepala Dishanpang Kalteng, Riza Rahmadi (baju putih) memonitoring penyaluran bantuan pangan pemerintah tahap II di Kantor Pos Palangka Raya, Jumat (3/11/2023). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melakukan percepatan penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tahap II untuk November 2023.
 
"Saat ini penyaluran kepada masyarakat secara serentak di Kalimantan Tengah sudah kami mulai laksanakan sejak awal bulan. Percepatan ini kami lakukan untuk membantu meringankan beban masyarakat," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpang) Kalimantan Tengah Riza Rahmadi di Palangka Raya, Jumat.
 
Riza menjelaskan penyaluran bantuan pangan kepada masyarakat yang merupakan penerima bantuan pangan ini dilakukan melalui Kantor Pos yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota se-Kalimantan Tengah.
 
"Saat ini penyaluran bantuan pangan untuk pagu November 2023 sudah mencapai 18,31 persen atau sebanyak 201 ton lebih," terangnya.
 
Adapun untuk pagu September maupun Oktober untuk Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tahap II masing-masing telah tersalurkan lebih dari 1.000 ton kepada para penerima bantuan pangan se-Kalimantan Tengah.
 
"Total se-Kalimantan Tengah yang berhak menerima bantuan ini sebanyak 110.021 penerima bantuan pangan yang masing-masing mendapat 10 kilogram beras setiap penyalurannya," ucapnya.

Baca juga: Bapanas-Pemprov Kalteng petakan ketersediaan pangan hadapi Nataru
 
Lebih lanjut Riza menyampaikan, berdasarkan monitoring dan evaluasi yang pihaknya lakukan, mulai dari penyediaan beras melalui Bulog hingga pendistribusian melalui Kantor Pos semua berjalan baik dan lancar.
 
"Kami harap ini bisa membantu masyarakat, sehingga akan berdampak pada stabilisasi harga beras di pasar sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat maupun instruksi Gubernur Kalimantan Tengah," jelas Riza.
 
Selain itu melalui bantuan pangan tahap II ini diharap juga membantu upaya stabilisasi harga beras menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) yakni Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada Desember.

Baca juga: Disdagperin Kalteng: Berbagai kendala menjadi tantangan dalam optimalisasi SIINas

Baca juga: Kalimantan Tengah raih Penghargaan Reforma Agraria 2023 dari Kemenko Perekonomian

Baca juga: DPMD Kalteng-Kemendagri berkolaborasi sukseskan P3PD

Baca juga: Pemprov Kalteng optimalkan perpustakaan sekolah pacu pembangunan literasi masyarakat