DPRD Palangka Raya ingatkan warga aksi penipuan belanja online

id DPRD Palangka Raya,Ruselita ,Belanja Online,Penipuan Online,Palangka Raya,Kalteng

DPRD Palangka Raya ingatkan warga aksi penipuan belanja online

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Ruselita. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Ruselita meminta kepada masyarakat setempat agar lebih waspada terhadap aksi penipuan saat berbelanja online.

Dia mengingatkan beberapa langkah yang harus diambil untuk melindungi diri dari aksi penipuan dalam belanja melalui sistem online tersebut, apalagi saat ini marak terjadi modus penipuan yang merugikan masyarakat.

"Pada intinya yang paling utama adalah pentingnya menggunakan sistem Cash On Delivery (COD) ketika berbelanja online atau secara daring. Dengan menggunakan metode tersebut, pembeli akan membayar ketika barang sudah diterima, sehingga risiko penipuan bisa diminimalkan," katanya.

Politisi dari Perindo itu menambahkan, pihaknya juga mendorong masyarakat di daerah setempat untuk berbelanja di platform marketplace yang sudah dikenal dan legal.

Platform-platform tersebut tentunya memiliki prosedur pengawasan yang lebih ketat, sehingga pelanggan memiliki perlindungan yang lebih baik terhadap penipuan.

"Ya semoga saja apa yang kami sampaikan ini bisa membantu masyarakat Kota Palangka Raya untuk berbelanja secara lebih aman dan cerdas dalam lingkungan perdagangan online yang semakin berkembang," ungkapnya.

Ditambahkan srikandi di DPRD Kota Palangka Raya berparas cantik tersebut, pihaknya sangat yakin masyarakat di daerah setempat sudah sangat cerdas saat berbelanja melalui sistem online.

Bahkan mereka sebelum berbelanja online, akan mengecek mana platform yang aman dan mana yang tidak aman untuk berbelanja, dari penampilan platform itu sendiri.

"Ya semoga saja tidak ada warga kita yang dirugikan dalam bertransaksi melalui sistem online tersebut, melainkan malah membantu masyarakat kita untuk memanfaatkan belanja sistem online itu," demikian Ruselita.