Fisipol UMPR perkuat kolaborasi dengan alumni

id Fisipol UMPR perkuat kolaborasi dengan alumni, kalteng, umpr, Palangka raya, pendidikan

Fisipol UMPR perkuat kolaborasi dengan alumni

Fisipol UMPR perkuat kolaborasi dengan alumni di Palangka Raya, kemarin. ANTARA/HO-Fisipol UMPR

Palangka Raya (ANTARA) - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) memperkuat kolaborasi dengan para alumni sebagai upaya pengembangan fakultas dan peningkatan serapan lulusan.

"Penguatan kolaborasi ini salah satunya kami lakukan melalui acara silaturahmi dan halal bihalal antara dosen, pegawai dan alumni Fisipol UMPR dari berbagai angkatan kuliah," kata Dekan Fisipol UMPR Dr Irwani di Palangka Raya, kemarin.

Dia menerangkan, alumni merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan perkuliahan di Fisipol UMPR. Selain menjadi bagian dari sejarah perjalanan kampus, alumni juga menjadi bagian dari masa depan pengembangan perguruan tinggi.

Fakultas yang telah berusia lebih dari 33 tahun ini memiliki alumni di berbagai daerah dan juga berbagai latar belakang.

"Sehingga kolaborasi dan dukungan alumni dari berbagai angkatan menjadi sangat penting untuk pengembangan fakultas," katanya.

Ketua Senat Fisipol UMPR Dr Riban Satia yang merupakan lulusan angkatan awal ini menambahkan, melalui halalbihalal tersebut dapat mengagendakan pertemuan kembali atau reuni akbar Fisipol UMPR.

Baca juga: Kemendikbudristek resmikan operasional Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Dia menerangkan, secara umum, alumni Fisipol UMPR di Provinsi Kalimantan Tengah dibagi menjadi tiga zona yakni, Zona Palangka Raya, Zona Barat dan Zona Timur.

"Kita harus terus melakukan penguatan kolaborasi antara dosen, pengelola, mahasiswa dan alumni secara berkesinambungan. Kita sadari kondisi tersebut belum bisa kita maksimalkan," katanya.

Dia juga menekankan pentingnya memupuk dan menumbuhkan rasa cinta dan peduli terhadap fakultas dan universitas. Caranya bisa saja dengan alumni memberikan pendampingan pada mahasiswa yang menyelesaikan penyusunan tugas akhir.

"Kami berharap alumni juga dukung upaya fakultas untuk pengembangan pembukaan perkuliahan di luar lingkungan kampus. Alumni juga bawa misi pendidikan jadi harapan dan kebanggaan bagi masyarakat," kata Riban.

Sementara itu, silaturahmi dan halal bihalal Fisipol UMPR ini menghadirkan penceramah dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalteng, Ustadz Zuhri.

Turut hadir pare dosen, pegawai dan alumni Fisipol UMPR, mulai dari angkatan pertama hingga alumni yang baru saja melaksanakan yudisium.

Baca juga: Lulusan Teknik Sipil UMPR siap berkiprah langsung dalam pembangunan daerah

Baca juga: Fisipol UMPR buka pendaftaran mahasiswa baru

Baca juga: UMPR tingkatkan peran dalam penanganan stunting di Kalteng