Pemkab Barsel adakan pelatihan lanjutan pengolahan motif anyaman rotan

id pemkab barito selatan, penjabat bupati barsel, deddy winarwan, umkm, pelatihan anyaman rotan, motif anyaman rotan, buntok, barsel, barito selatan

Pemkab Barsel adakan pelatihan lanjutan pengolahan motif anyaman rotan

Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan bersama lainnya usai pembukaan pelatihan di Buntok, Rabu (8/11).  (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengadakan pelatihan lanjutan pengolahan motif anyaman rotan bagi perajin di wilayah setempat.
 
Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan di Buntok, Rabu, mengatakan pelatihan yang dilaksanakan ini untuk lebih meningkatkan kemampuan perajin lokal dalam mengolah motif anyaman rotan.
 
"Pelatihan lanjutan ini dilakukan agar anyaman rotan yang dikombinasikan dengan berbagai bahan lain dapat bernilai ekonomis untuk meningkatkan pendapatan masyarakat," katanya saat membuka acara tersebut.
 
Hal itu mengingat, Barito Selatan memiliki potensi rotan yang banyak, sehingga bisa dikembangkan menjadi produk kerajinan bagi masyarakat.
 
"Anyaman rotan di daerah ini merupakan salah satu tradisi bagi masyarakat yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari," tambah dia.

Baca juga: Pj Bupati Barsel: Peran PKK sangat penting dalam mencegah stunting
 
Oleh karena itu, diperlukan pelatihan pengembangan anyaman motif rotan bagi masyarakat dengan bentuk dan pola yang bernilai ekonomis yang bisa diminati konsumen.
 
Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Barito Selatan, Swita Minarsih mengatakan pelatihan ini merupakan pelatihan tingkat lanjutan bagi perajin yang telah mengikuti pelatihan dasar sebelumnya.
 
"Pelatihan yang dilaksanakan ini dalam upaya menciptakan UMKM yang baru sebagai regenerasi, sehingga pengolahan anyaman rotan ini bisa terus berkelanjutan," terangnya.
 
Untuk narasumber dalam pelatihan yang dilaksanakan ini kata dia, merupakan perajin lokal yang sudah pernah dilatih sebelumnya. Sedangkan pemasaran produk anyaman rotan ini nantinya difasilitasi dengan membangun kemitraan.
 
"Kita sudah membangun kemitraan dengan Dekranasda provinsi dan mengikuti pameran-pameran. Kita juga sudah membangun kerja sama dengan pengusaha dari Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan untuk hilirisasi barang jadi dari anyaman rotan," jelasnya.
 
Demikian halnya dengan produk makanan UMKM, pihaknya sudah membangun kerja sama dengan Hypermart. Ke depan, kerjasama akan dibangun kembali dengan retail modern lainnya yang ada di daerah ini.
 
Disamping pemasaran, pihaknya juga sudah membuka layanan pendampingan untuk membantu UMKM, terutama dalam mengurus perizinan dan lainnya dalam upaya pengembangan di Barito Selatan.

Baca juga: Pembahasan APBD 2024 Barsel ditunda

Baca juga: Pj Bupati Barsel: Pentingnya peran pemimpin yang inovatif

Baca juga: Penjabat Bupati Barsel siap jalankan tujuh perintah presiden